DetikHot

movie

Kenangan Mendikbud yang Hobi Nonton Film Waktu Kecil

Jumat, 17 Feb 2017 16:32 WIB  ·   Bagus Kurniawan - detikHOT
Kenangan Mendikbud yang Hobi Nonton Film Waktu Kecil Foto: Lamhot Aritonang
Yogyakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi ternyata gemar menonton film di waktu kecil. Dalam kenangan dulu, gedung bioskop tersebar hingga di kota-kota kecamatan. Namun gedung-gedung bioskop itu sekarang sudah tidak ada lagi.

"Masa kecil saya sekitar tahun 60-an, saya sangat gemar nonton film," kata Muhadjir saat Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sinkronisasi Pengembangan Perfilman, di Gedung P4TK Seni dan Budaya, Jl Kaliurang, Sleman.

Muhadjir hampir setiap minggu menonton film. Tempat tinggal di pusat kecamatan di Jawa Timur terdapat sebuah gedung bioskop. "Nama gedung bioskop itu adalah Garuda," katanya.

Sewaktu kecil lanjut dia, ia bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya menonton film di bioskop yang ada di pusat kecamatan. Pada zaman dahulu pagelaran wayang orang juga di
filmkan.

"Kenangan saya nonton film wayang orang bersama Ibu saya ketika itu ada yang judulnya Gatotkaca Kromo. Lalu saya bertanya dengan ibu saya, siapa orang yang bisa terbang itu? Ibu saya menjawab itu orang dekat-dekat sini," katanya.

Mengingat kembali kenangan menonton film sewaktu kecil, dia mengajak para pemangku kepentingan perfilman untuk melihat kembali kebelakang. Zaman dahulu hampir di setiap kecamatan memiliki gedung bioskop, namun saat ini sudah tidak ada lagi. Perkembangan zaman telah menggerus industri perfilman, khususnya yang ada di daerah-daerah.

Dia mengajak pemerintah daerah untuk menggairahkan kembali produksi film daerah dengan memanfaatkan potensi lokal daerah masing-masing. Setiap daerah memiliki keunikan masing-masing.

"Gunakan keunikan daerah untuk produktif dalam memproduksi film. Jika masing-masing daerah dapat memproduksi film, itu akan sangat luar biasa bagi industri film nasional. Ini menjadi tanggungjawab kita semua untuk memulihkan kembali industri perfilman kita secara nasional," pungkas Muhadjir.
(bgs/mmu)
Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed