DetikHot

movie

Pertama Dapat Piala Citra, Riri Riza Bangga Film Indonesia Makin Maju

Senin, 07 Nov 2016 09:03 WIB  ·   Febriyantino Nur Pratama - detikHOT
Pertama Dapat Piala Citra, Riri Riza Bangga Film Indonesia Makin Maju Foto: Gus Mun/ detikHOT
Jakarta - Nama Riri Riza mendapatkan penghargaan Piala Citra kategori sutradara terbaik. Pertama kali berhasil meraihnya, sutradara kelahiran Makassar itu merasakan industri perfilman Indonesia makin maju.

Menurutnya, penyelenggaraan FFI sekarang ini punya momen yang menarik karena yang memilih kategori adalah asosiasi dan tokoh-tokoh profesional di perfilman Indonesia.

"Jadi sebenarnya sentimen kita semua ingin melihat keragaman Indonesia dan film itu adalah cermin yang paling bagus. Bahwa Indonesia yg mestinya kita terima sekarang ini adalah yang multi culture," katanya ditemui di Teater Jakarta, TIM, Minggu (6/11/2016) malam.

Riri juga menceritakan alasannya tidak mengikuti FFI selama hampir 12 tahun lamanya. Serta karya-karya sebelumnya yang sebenarnya bisa masuk ke dalam kategori.

"Sebenarnya gini beberapa karya kami yang terbaik seperti 'Laskar Pelangi', '3 Hari Untuk Selamanya', 'Sang Pemimpi', itu berada di era yang kami memilih tidak ikut FFI. Jadi memang saya tidak punya banyak kesempatan. Saya punya kesempatan di film Eliana-Eliana dan GIE tapi saya tidak dapat arena ada yang lebih baik dari saya. Jadi sekarang ini saya sangat bahagia," jelas Riri.

Mira Lesmana yang berada di samping Riri juga turut bahagia dan tak menyangka 'Athirah' dinobatkan sebagai film terbaik.

"Saya itu tidak ikut FFI sejak 2004. Jadi sudah 12 tahun. Waktu film pertama GIE menang di 2005, saya nonton sambil makan mie instan di televisi. Jadi tidak merasakan memegang Piala Citra. Hari ini menjadi spesial lagi karena nggak nyangka," tutur Mira.

"Film ini hampir seperti puncak pertama saya dapat kesempatan akhirnya membuat film yang ceritanya datang dari Sulawesi Selatan. Jadi ini sangat personal. Dan alhamdulillah malam ini bahwa karya kita bisa bertahan dengan baik," timpal Riri.


(tia/wes)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed