detikHot

Eksklusif!

Sutradara Bicara Karakter Doctor Strange dan Dimensi Lain

Selasa, 11 Okt 2016 18:05 WIB Adhie Ichsan - detikHot
Foto: Marvel Studios Foto: Marvel Studios
London - "Wow, ini seperti secret society," kata sutradara Scott Derrickson bercanda, ketika berjumpa detikHOT dan belasan jurnalis lain dari berbagai negara di Longcross Studio, London, beberapa waktu lalu. Setelah duduk sekitar 90 detik dan mulai wawancara, Scott berdiri lagi karena dipanggil untuk mendiskusikan sebuah adegan.

Suasana di lokasi syuting memang dinamis. Mendapatkan wawancara dengan cast dan sutradara selama 10 menit di tengah jadwal yang sibuk, merupakan suatu kesempatan langka.

Rombongan jurnalis duduk melingkar di sebuah meja plastik dalam tenda putih berukuran 10x3 meter. Ada sebuah televisi plasma yang menampilkan tiap adegan yang sedang dibuat. Saat itu Benedict Cumberbatch (Doctor Strange) memakai kostum katun berwarna putih dan biru. Kostum ini menunjukkan bahwa dia masih menjadi murid tingkat dasar di padepokan The Ancient One bernama Kamar Taj.

Strange terlihat sedang berada dalam pelataran kuil bersama murid-murid Ancient One lainnya untuk berlatih. Set kuil terlihat megah dan jurnalis diperbolehkan melihat rehearsal dari dekat selama 5 menit. Ada juga momen intim saat dia berlatih berdua dengan Baron Mordo (Chiwetel Ejiofor) yang lebih senior.

Sutradara Bicara Karakter Doctor Strange dan Dimensi Lain


Scott kemudian kembali ke dalam tenda jurnalis dengan wajah sumringah. Sutradara yang terkenal lewat film-film horor seperti 'Sinister', 'Deliver Us from Evil' dan 'Devil's Knot' ini langsung cerita kalau Doctor Strange adalah satu-satunya karakter di Marvel Cinematic Universe yang dia tahu betul dibanding tokoh superhero lain. Dia menyukai fakta bahwa Strange merupakan karakter yang kompleks dan dekat dengan elemen supernatural.

"Ketika aku memikirkan karakter ini, aku memikirkan rasa kesepian. Dia seperti karakter yang terisolasi. Seseorang yang terluka dan butuh upaya penyembuhan dan berlanjut ke spiritual," katanya.

Sedikit bocoran, 'Doctor Strange' bercerita tentang karakter dokter bedah New York yang terkenal, tapi arogan. Pada suatu hari dia mengalami kecelakaan hebat yang membuatnya terpuruk. Strange kemudian membawa dirinya hingga ke Tibet, di mana dia bertemu dengan The Ancient One (Tilda Swinton) dan mendapat pengalaman spiritual. Dari situ, Strange belajar ilmu magis dan melihat bahwa ada dimensi lain di luar dunia nyata.

"Dia adalah jembatan antara dunia nyata dan pengalaman dimensional, serta dunia dimensional lain yang mengisolasinya di MCU (Marvel Cinematic Universe) dan itu tragis," lanjut sutradara berkacamata itu.

Sutradara Bicara Karakter Doctor Strange dan Dimensi Lain


"Dan tentu saja dia mengalami sebuah tragedi yang membentuk karakternya. Dia punya latar belakang menarik, trauma yang membuatnya menjadi pribadi tertutup, lalu memulai sebuah perjalanan yang menjadikan dirinya pribadi yang lebih baik."

Scott mengatakan bahwa Benedict Cumberbatch adalah satu-satunya aktor yang dipilih untuk memainkan karakter tersebut. Tak ada pertimbangan aktor lain. Bahkan dia dan tim produksi, termasuk Marvel, rela menunggu jadwal Benedict yang saat itu sedang sibuk dengan pertunjukan teater Hamlet.

"Kecerdasannya untuk memainkan karakter ini. Benedict memiliki kemampuan yang aku yakini dengan kuat bahwa dia bisa memainkan kualitas yang tidak disukai dari Stephen Strange dengan cara yang penonton masih bisa menemukannya sangat menawan dan menarik. Kemudian tragedi menyerang hidupnya, melalui penderitaan dan kemudian mengalami transformasi. Itu adalah resep yang sangat rumit untuk ada dalam DNA seorang aktor," beber Scott lagi.

Doctor Strange akan segera tayang di bioskop. Sebelum nonton filmnya, simak dulu perbincangan lain detikHOT bersama Benedict Cumberbatch sang pemeran utama, Chiwetel Ejiofor (Baron Mordo), Tilda Swinton (The Ancient One), dan Presiden Marvel Kevin Feige.


(ich/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com