detikHot

Eksklusif!

The Eye of Agamoto, Jimat yang Dipakai Doctor Strange

Selasa, 11 Okt 2016 14:18 WIB Adhie Ichsan - detikHot
Foto: Marvel Studios Foto: Marvel Studios
London - Property master Barry Gibbs kembali dipercaya Marvel untuk melengkapi dunia Doctor Strange dengan keahliannya menciptakan barang-barang yang autentik. detikHOT mendapat kesempatan eksklusif mengunjungi lokasi syuting di London beberapa waktu lalu, dan diperlihatkan beberapa props yang dibuat Barry.

Barry sudah bekerja sama dengan Marvel selama enam tahun belakangan. 'Doctor Strange' adalah proyek film ke-5 bersama Marvel setelah 'Captain America: The First Avengers', 'Thor The Dark World', 'Avengers: Age of Ultron' dan 'Guardians of the Galaxy.'

Doctor Strange yang akan menampilkan dimensi alternatif dalam Marvel Cinematic Universe, menjadi tantangan tersendiri bagi Barry. Dia menyebut pekerjaannya ini merupakan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Tapi bicara dimensi alternatif, Barry tentu cukup paham. Apalagi dia juga bertanggung jawab menyiapkan properti di film 'Inception'.

"Doctor Strange menjadi film yang berbeda untukku dari semua yang telah kami kerjakan. Ini exciting dan juga film yang sulit karena ada banyak hal yang sebetulnya tidak nyata. Itu adalah barang yang cukup aneh jika dibandingkan dengan palu Thor. Tipe (barang) sangat berbeda," jelasnya kepada beberapa jurnalis dari berbagai negara di Longcross Studio.

Barry kemudian mengajak berkeliling melihat beberapa contoh properti yang sudah dia buat. Ada kendaraan transportasi seperti becak berkarat dengan desain klasik yang autentik, miniatur Sanctuary Balcony, berbagai macam literatur dari kertas kuno dengan huruf Devanagari, hingga contoh beberapa senjata untuk para karakter. Sayangnya, Marvel tidak memperbolehkan jurnalis untuk mengambil gambar untuk melindungi intellectual property mereka.

The Eye of Agamoto, Jimat yang Dipakai Doctor Strange



Barry sudah membuat desain untuk berbagai macam properti yang akan gunakan untuk Doctor Strange sejak Mei 2015 dan mengalami berbagai perubahan sesuai dengan perkembangan skenario. Contohnya saat dia membuat The Eye of Agamoto, jimat yang digunakan Doctor Strange di dadanya.

Perubahan terjadi disesuaikan dengan bagaimana pengggunaan The Eye. Untuk adegan pertarungan, maka dibuat desain dengan material yang lebih ringan.

"Ada empat desain The Eye yang kami bawa untuk publisitas. Tapi kami tidak hanya membuat empat, ada 60 buah," terang prop master yang juga terlibat di film James Bond, 'Quantum of Solace' itu.

Mengerjakan proyek film superhero menjadi proyek yang menyenangkan buat Barry dan timnya. Dia juga diberikan keleluasaan dalam menuangkan imajinasinya. Proses pembuatan properti pun didokumentasikan dengan baik.

"Apapun yang kami buat, tersimpan dengan baik dari props awal hingga final. Semoga mereka menggunakannya di film lanjutan, karena kami bisa mengembangkan apa yang telah dibuat sama seperti palu Thor dan Capt's shield, keduanya mengalami perubahan warna dan detail kecil. Dalam film Thor, kami menggunakan tiga jenis palu," bebernya.

Pembuatan properti yang detail dengan skala besar, tentu membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Marvel menyediakan gudang sebesar 1860 meter persegi hanya untuk menyimpan props.

"Kami sangat beruntung bersama Marvel," kata Barry.

detikHOT masih punya perbincangan dengan Benedict Cumberbatch sang pemeran utama, Chiwetel Ejiofor (Baron Mordo), Tilda Swinton (The Ancient One), sutradara Scott Derrickson dan Presiden Marvel Kevin Feige. Tunggu beritanya eksklusif di detikHOT!
(ich/mmu)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com