detikHot

Eksklusif!

Perankan Doctor Strange, Benedict Cumberbatch Dibuatkan 20 Kostum

Sabtu, 01 Okt 2016 14:14 WIB Adhie Ichsan - detikHot
Foto: Marvel Studios Foto: Marvel Studios
London - detikHOT menjadi satu-satunya media dari Asia Tenggara yang diundang Marvel Studios untuk mengunjungi lokasi syuting film 'Doctor Strange' di London beberapa waktu lalu. Kami pun diperlihatkan keseluruhan kostum pemain utama. Seperti apa?

Marvel Studios mengundang sekitar 15 perwakilan media dari seluruh dunia ke Longcross Studios di London awal Februari lalu. Sebagian besar di antaranya merupakan media lokal, dan sisanya berasal dari Argentina, Meksiko, Amerika Serikat, Rusia, Australia, Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok.

Mengunjungi lokasi pembuatan film Hollywood menjadi pengalaman yang menarik, meskipun akses yang didapat sangat terbatas. Sebelum menuju lokasi, rombongan jurnalis diminta menandatangani surat kontrak yang salah satunya tidak membocorkan gambar dan cerita yang menjadi bagian dari intellectual property.


Para jurnalis hanya diperbolehkan membekali diri dengan alat perekam suara dan buku catatan sebagai 'senjata'. Tak boleh ada kamera dalam bentuk apapun yang dibawa masuk ke lokasi syuting. Setelah berkendara selama 1,5 jam dari pusat kota London, rombongan sampai di Longcross Studios di kawasan Chobham Lane, Chertsey, Surrey.

Rombongan disambut dalam sebuah ruangan yang bersebelahan dengan cafetaria. Begitu pintu dibuka, terpampang deretan kostum asli dari karakter utama dan pendukung di film 'Doctor Strange.' Ada pula model miniatur NY Sanctum Sanctorum, props yang autentik, hingga gambaran suasana apartemen modern karakter Strange.

Marvel mempercayakan pembuatan kostum 'Doctor Strange' kepada Alexandra Byrne yang menang Piala Oscar lewat film 'Elizabeth: The Golden Age'. Desainer kostum berusia 54 tahun ini juga merancang pakaian para superhero Marvel Cinematic Universe di film 'Thor' (2011), The Avengers' (2012), Guardians of the Galaxy' (2014) hingga 'Avengers: Age of Ultron' (2015).


Alexandra Bryne memegang Piala Oscar. Foto: Getty ImagesAlexandra Byrne memegang Piala Oscar. Foto: Getty Images



Byrne membuka perbincangan dengan bercerita tentang inspirasinya dalam membuat kostum Strange. Tak ada tempat yang lebih pas untuk memulai semuanya selain dari komik. Dari situlah ide akan langsung bermunculan seperti bubble.

"Lalu biasanya aku akan membuat mood board of ideas dan gambar yang berhubungan dengan karakter atau story point," kata Byrne.

Dengan membuat mood boards, Bryne memastikan agar desain awal tetap berada di jalur yang benar sesuai dengan referensi komik. "Jadi ini seperti kumpulan dari ide-ide—sama seperti semua film Marvel—ini ada di dunia kolektif, seperti piring yang berputar dan berusaha untuk mendarat di sesuatu yang belum pernah dilihat sebelumnya, tapi sesuai dengan komik dan (spirit) dari film."

Ada sekitar tujuh kostum berbeda yang diperlihatkan dalam ruangan. Kostum Doctor Strange berada di tengah, dengan deretan kanan dan kirinya yang diisi kostum Masters, The Ancient One, Baron Mordo, Zealots, tokoh Wong dan Hamir. Kostum Ancient One dan para Master, memiliki elemen spiritual seperti biksu. Meski kelihatan vintage, tapi material yang digunakan benar-benar baru. Bryne mencarinya sampai ke Paris.

Kostum dari kiri ke kanan: Baron Mordo, Doctor Strange dan Ancient OneKostum dari kiri ke kanan: Baron Mordo, Doctor Strange dan Ancient One/Twitter Marvel Entertaiment.



Lalu, ada berapa kostum yang dibuat untuk Doctor Strange yang diperankan Benedict Cumberbatch? "Umm..sekitar 20 kostum. Kami punya stunts yang berbeda, kebutuhan yang berbeda, level kerusakan yang berbeda untuk beberapa adegan action," jelasnya.

Byrne masih banyak mengungkapkan rahasia dalam pembuatan desain kostum di film 'Doctor Strange'. Simak terus berita eksklusifnya di detikHOT!
(ich/ich)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com