DetikHot

movie

Matthew McConaughey Angkat Skandal Tambang Emas Indonesia Lewat 'Gold'

Senin, 19 Sep 2016 15:08 WIB  ·   Delia Arnindita Larasati - detikHOT
Matthew McConaughey Angkat Skandal Tambang Emas Indonesia Lewat Gold Foto: YouTube
Jakarta - Matthew McConaughey kini kembali siap untuk beraksi di layar lebar lewat film terbarunya, 'Gold'. Kali ini, aktor berusia 46 tahun itu akan mengisahkan soal skandal tambang emas yang pernah terjadi di Indonesia.

Berperan sebagai Kenny Wells, Matthew bekerja sama dengan seorang geolog, Michael Acosta (Edgar Ramirez) untuk mencari tambang emas di Kalimantan. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata, yaitu skandal Bre-X yang dulunya pernah menghebohkan Indonesia di tahun '90-an.

Kala itu, Michael de Guzman, seorang geolog asal Filipina, menjelajah sejumlah hutan di Kalimantan. Kemudian, ia mengaku menemukan jutaan ton emas yang siap untuk ditambang dan berhasil memproduksi ribuan sampel emas, bahkan menarik investor untuk menanamkan modalnya di perusahaan tambang tempatnya bekerja di Kanada, Bre-X Minerals.

Namun setelah diselidiki, tak ditemukan satu pun emas di lokasi tambang yang terletak di Busang, Kalimantan Timur itu. Guzman ternyata hanyalah seorang penipu yang berhasil membuat para investor menanamkan modal untuk perusahaannya.

Rencananya, film arahan sutradara Stephen Gaghan ini akan ditayangkan mulai 25 Desember mendatang. Matthew pun rela mengubah total penampilannya untuk perannya tersebut.

"Beratku naik sampai 98 kg. Rahasianya cuma cheeseburger dan beer. Luar biasa!" ungkap Matthew seperti dikutip dari E! Online, Senin (19/8/2016).

Walaupun mengangkat soal skandal di Indonesia, namun ternyata pengambilan gambar dilakukan di negara lain. Syuting film dimulai pada Juni 2015 di Thailand, dilanjutkan dengan syuting di New Mexico dan New York.


(dal/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed