Film '3 Srikandi' Juga Sentil Masa Pemerintahan Orde Baru

Hanif Hawari - detikHot
Rabu, 27 Jul 2016 19:30 WIB
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Film '3 Srikandi' mengisahkan tentang tiga perempuan hebat di bidang olahraga panahan. Namun secara keseluruhan, filmnya tak hanya mengangkat soal kesuksesan yang diraih oleh mereka.

Terselip juga pesan satir dalam cerita film produksi Multivision Plus tersebut. Hal tersebut diungkapkan sang sutradara, Iman Brotoseno saat turut hadir di acara gala premierenya yang digelar di CGV Blitz, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (27/7/2016).

Sekelumit adegan yang menyentil itu dimunculkan oleh sosok Soeharto yang sedang duduk di dalam kantornya sambil membaca-baca kertas.

"Mungkin ini bisa jadi sindiran ya. Karena waktu jaman Suharto katanya lebih maju, lebih perhatian. Katanya ya. Dan Saya tanya sama pelaku aslinya dari '3 Srikandi' asli, jadi waktu itu di istana agak tersingkirkan olahraga panahan, mungkin karena Suharto nggak kenal. Tapi justru olahraga inilah yang mengharumkan nama bangsa dan bisa membawa medali", tutur Iman.

'3 Srikandi' sendiri adalah karya perdana dari Iman Brotoseno. Sebelumnya, ia banyak berada di balik layar pembuatan sejumlah iklan.

Namun melihat hasil dari film yang mengupas pengalaman tiga atlet Indonesia bernama Lilies Handayani, Nur Fitriyana, dan Kusuma Wardhani ini, produser '3 Srikandi' mengaku puas dengan hasil filmnya.

"Film ini di sutradarai oleh Iman Brotoseno. Dia Baru pertama Kali mensutradarai film. Sebelumnya hanya iklan-iklan saja. Tapi dia sudah bisa membuat film yang luar biasa hebatnya menurut saya", ujar Produser Raam Punjabi.

Film yang juga dibintangi oleh Reza Rahadian, Indra Birowo, juga Donny Damara ini dijadwalkan tayang dalam waktu dekat. '3 Srikandi' akan rilis di layar lebar mulai 4 Agustus mendatang.

(doc/doc)