detikHot

movie

Wulan Guritno Berbagi Cerita Bagaimana Cara Membuat Film

Senin, 06 Jun 2016 20:28 WIB Desi Puspasari - detikHot
Foto: Desi/detikHOT Foto: Desi/detikHOT
Jakarta - Tidak hanya sebagai pemain film, Wulan Guritno juga mulai melebarkan sayap menjadi produser. Ternyata membuat film itu dirasakan Wulan butuh perhitungan dan strategi yang matang.

Bersama Genflix, Wulan didapuk untuk menjadi pembicara dalam 'How to be Film Maker' di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (6/6/2016). Ibu tiga anak ini pun menxeriyakan bagaimana perjuangannya saat melahimelahirkan film berjudul 'I Am Hope'.

"Kalau aku pertama membuat film nggak berpikir, aduh nanti kualitasnya nggak sama kaya Hollywood. Film gue cara gue," ucap perempuan yang bergabung dalam Alkimia Production itu mengawali kisah ketertarikannya membuat film.

Sebagai pembuat film, Wulan mengatakan jangan pernah puas dan selalu mengasah kemampuan, sering-sering bertukar pikiran dengan produser-produser lainnya. Menjadi seorang produser atau pembuat film harus kreatif.

"Aku waktu itu lagi ngobrol sama Mas Garin Nugroho, akhirnya dijeblosin sama dia. Ya, lu bikin film, semua lu terjun langsung nanganin film itu, mulai dari uang, ide kreatif, semuanya," ujarnya.

Untuk membuat sebuah film, menurut Wulan seorang produser harus memikirkan ide cerita yang menarik. Ide cerita menjadi yang paling utama.

Untuk urusan biaya, wajar bila sebuah film menghabiskan biaya miliaran. Tapi, selanjutnya yang harus dipikirkan adalah keyakinan untuk membuat dan menjual film yang diproduksi.

"Membuat film harus belajar dari kesalahan dan tahu apa kesalahan kita," lanjut Wulan.

Saat ini, pecinta film bisa menyaksikan 'I Am Hope' melalui aplikasi Genflix.co.id. Genflix yang sudah diakses oleh dua juta pelanggan ini, merupakan layanan over the top pertama di Indonesia.

"Ini perjuangan gue sebagai produser. Setelah film turun dari bioskop, berjuang lagi untuk tetap menjual film tersebut," tutupnya.


(pus/fk)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com