DetikHot

movie

Joko Anwar Terlibat Proyek Kolaborasi Lintas Negara Asia Tenggara

Selasa, 17 Mei 2016 15:27 WIB  ·   M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHOT
Joko Anwar Terlibat Proyek Kolaborasi Lintas Negara Asia Tenggara Foto: Istimewa
Jakarta -

Sutradara Joko Anwar ternyata sedang menyiapkan sebuah proyek film kolaborasi. Joko bersatu dengan empat sutradara berbakat lain dari empat negara di Asia Tenggara.

Kabar itu didapat dari akun Twitter Joko Anwar yang membagi tautan soal beritanya. Empat sutradara itu adalah Apichatpong Weerasethakul (Thailand) yang mendapat gelar Palme d'Or di Cannes Film Festival 2010 atas karyanya berjudul 'Uncle Boonmee Who Can Recall His Past Lives'. Ada Brilliante Mendoza (Filipina) yang juga bersinar di Cannes Film Festival 2009 dengan gelar 'Best Director' untuk film 'Kinatay'

Selanjutnya Eric Khoo (Singapura) yang sempat juga terlibat di Cannes Film Festival 2008. Terakhir, Ho Yuhang (Malaysia). Sutradara pertama dari negeri Jiran yang memutarkan filmnya di Venice Film Festival 2006.

Bersama Joko Anwar, kelima laki-laki itu kemudian tergabung dalam proyek bernama 'Art Through Our Eyes'. Dikutip dari Screendaily.com, Selasa (17/5/2016), 'Art Through Our Eyes' adalah proyek film omnibus.

Masing-masing sutradara diminta untuk menciptakan film pendek yang berangkat dari karya seni asli negaranya. Proyek tersebut digagas oleh National Gallery Singapore, untuk lebih mengenalkan kepada dunia kesenian dari Asia Tenggara.

Lukisan 'Wounded Lion' milik Raden Saleh yang diangkat Joko Anwar



"Kolaborasi ini adalah impian tiap sineas untuk terlibat dalam proyek penuh makna seperti ini. Saya sangat bersemangat untuk terlibat dalam omnibus ini demi kesenian Asia Tenggara," komentar sutradara Singapura, Eric Khoo yang juga penggagas acaranya.

Sedikit bocoran, perwakilan dari Indonesia, Joko Anwar memilih lukisan milik maestro Raden Saleh berjudul 'Wounded Lion'.


(mif/mmu)
Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed