detikHot

Laporan dari Los Angeles

Alicia Vikander, Balerina yang 'Banting Setir' ke Akting

Rabu, 02 Mar 2016 14:54 WIB Adhie Ichsan - detikHot
Foto: Kevin Winter/Getty Images Foto: Kevin Winter/Getty Images
Jakarta -

Sepuluh tahun lalu, Alicia Vikander masih disibukkan dengan kegiatannya berlatih balet di Stockholm. Balet juga yang awalnya membawa dia ke berbagai belahan dunia. Tapi, justru akting yang melambungkan nama Alicia.

"Aku tak pernah berpikir dari tempat asalku bahwa aku akan telibat dalam film berbahasa Inggris," kata Alicia yang masih terharu usai menerima Piala Oscar kategori Best Supporting Actor untuk perannya di 'The Danish Girl'.

"Aku tidak tahu bahwa aku sebenarnya mampu menjadi aktris internasional," lanjutnya sambil tersenyum.

Saat ditemui di backstage interview room The Oscars 2016, di Dolby Theatre, Hollywood, wajah Alicia terlihat masih sedikit kebingungan. Dia sepertinya masih mencerna realita bahwa saat ini dia adalah seorang aktris dari Swedia yang berkarier di Hollywood, dan kini menang Oscar!

"Aku masih mencoba mengingat apa saja yang terjadi selama 5 menit terakhir," katanya dengan mata yang masih berkaca-kaca.

Bak princess Skandinavia, Alicia masuk ruangan wawancara dengan dress kuning yang cantik. Dia memegang Piala Oscarnya dengan rasa bangga dan haru. Bagian depan dressnya memiliki potongan lebih pendek. Kata Alicia, memang didesain seperti itu agar dia bisa berdansa dengan lebih leluasa sebagai perayaan.

Dulu mungkin Alicia membayangkan busana tersebut sebagai seorang balerina yang hadir ke sebuah acara resmi. Tapi setelah mengalami cedera, dia menyingkirkan mimpinya itu dan tertarik pada akting.

Semua dimulai dari serial televisi Swedia 'En decemberdröm' pada 2005. Sebelumnya Alicia yang lahir pada 3 Oktober 1988 itu memang sempat mengasah kemampuan akting dari panggung opera.

Seiring waktu, Alicia makin menikmati akting dan mengerjakan banyak film pendek serta serial televisi. Di Hollywood sendiri, penampilan aktingnya mendapat perhatian khusus usai membintangi 'Ex Machina' sebagai robot yang memiliki kecerdasan seperti manusia. Dan 'The Danish Girl' mengantarkannya untuk meraih Piala Oscar pertama.



"Aku terlibat produksi film ini dua tahun lalu dan aku tahu ini bukan film yang mudah dibuat. Salah satu produser, Gail Mutrux, telah mengerjakannya selama hampir 15 tahun," katanya.

Dalam film itu, Alicia Vikander beradu akting dengan Aktor Terbaik Oscar tahun lalu, Eddie Redmayne. Alicia berperan sebagai istri yang harus berhadapan dengan fakta bahwa suaminya mengalami perubahan emosional, yang diikuti dengan transformasi fisik sebagai transgender.



"Aku harus berterimakasih pada Eddie karena membantuku mencapai level ini," kata lulusan Royal Swedish Ballet School itu.

Alicia berharap akan dapat banyak kesempatan lagi di masa yang akan datang sebagai aktris internasional. Dalam waktu dekat, kita akan melihat dia beradu akting dengan Matt Damon di film 'Jason Bourne'.


(ich/doc)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: The 88th Academy Awards
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com