detikHot

The 88th Academy Awards

Mereka yang Akhirnya Menang Piala Oscar

Senin, 29 Feb 2016 16:00 WIB Devy Octafiani - detikHot
Los Angeles -
Ingar bingar Academy Awards usai sudah digelar di Dolby Theater, Los Angeles. Bagi beberapa pihak, Oscar tahun ini menjadi jawaban dari penantian yang mereka harapkan sejak lama.

Mereka akhirnya memegang patung pria bersalut emas itu. Naik ke panggung dan sambil terharu memberikan sambutan. Ada siapa saja?


Dari film, 'Mad Max: Fury Road' menjadi salah satu film yang akhirnya mendapatkan pengakuan sejak rilis pertama kali dalam judul 'Mad Max' di tahun 1979. Sutradara George Miller membuat film ini dalam tiga seri sebelum akhirnya berakhir di 'Mad Max: Fury Road'.

Mengangkat cerita fiksi ketika dunia berada di masa pos-apokaliptik, duplikasi 'Mad Max' yang dikemas lebih modern di 2015 akhirnya bersaing di ajang Oscar. Dari sembilan nominasi yang disematkan, film yang dibintangi Charlize Theron dan Tom Hardy tersebut tampil bersinar dengan menyabet enam piala sekaligus.

Di antaranya 'Best Costume Design', 'Best Production Design', 'Best Film Editing', 'Best Sound Mixing', juga 'Best Sound Editing'.

Namun yang akhirnya berjaya setelah penantian panjang tak cuma 'Mad Max: Fury Road'. Ada dua sosok lain yang juga terjawab penantiannya dengan berhasil membawa pulang Oscar. Siapakah?


Yang pertama adalah Ennio Morricone, komposer yang juga pencipta lagu asal Italia. Morricone menang di kategori 'Best Original Score' lewat keterlibatannya menggarap musik untuk film 'The Hateful Eight'.

Pria 87 tahun itu menerima piala tersebut dengan penuh haru. Morricano  tak bisa menahan air matanya kala memberi sambutan di atas panggung.

"Terima kasih atas penghargaan ini. Aku persembahkan piala ini bagi para nominator lain. Menurutku tak akan ada soundtrack yang mengagumkan tanpa film yang benar-benar bagus yang menginspirasinya," ujar Morricano dalam bahasa Inggris yang disampaikan oleh penerjemah.

Total ia telah menciptakan 500 lagu yang ia garap untuk sejumlah film dan serial di televisi. Dan di antara film-film yang ada akhirnya tampil bersinar karena karyanya yakni 'Inglourious Basterds' dan 'Django Unchained'. Sepanjang sejarah Oscar, pria asal Italia ini menjadi satu-satunya pemenang tertua yang pernah ada.

Dan terakhir, tentu kita tak bisa melewatkan sosok Leonardo DiCaprio yang akhirnya berhasil membawa pulang Oscar di tahun ini. Perannya dalam drama penuh intrik sekaligus perjuangan dalam 'The Revenant' membuat Leo layak diganjar piala sebagai aktor terbaik di 2016.

Butuh sekitar 20 tahun bagi bintang 41 tahun ini untuk akhirnya diakui lewat kemampuan akting yang ia miliki. Sebelumnya Leo telah enam kali masuk nominasi. Dan kali ini penantian panjang itu terjawab sudah. Kemenangannya menjadi momen yang juga dirayakan publik di sosial media.

(doc/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com