The 88th Academy Awards

Amy Winehouse Kalahkan 'Senyap' di Oscar 2016

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Senin, 29 Feb 2016 11:02 WIB
Arif Kaspadia, sutradara 'Amy' / Foto: REUTERS/Mario Anzuoni
Jakarta -

Indonesia tercatat menghadiri gelaran Academy Awards 2016 hari ini. Tidak secara langsung, melainkan dengan film berjudul 'The Look of Silence' atau dikenal dengan 'Senyap'.

Film arahan sutradara Joshua Oppenheimer dan Signe Byrge Sørensen itu bersaing di dalam kategori 'Best Documentary Feature'. Sayang, 'Senyap' tak mampu berbuat banyak dan harus mengaku kalah.

Adalah penyanyi soul fenomenal Amy Winehouse yang mengalahkan 'Senyap' di Oscar ke-88 2016 di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, Senin (29/2/2016) WIB. Lewat film dokumenter berjudul 'Amy', penyanyi yang meninggal dunia di usai 27 tahun itu berhasil menyandang gelar 'Best Documentary Feature'.

Film 'Amy' dikerjakan oleh sutradara Asif Kapadia. Mengambil babak hidup Amy Winehouse sejak mulai dari usia 14 tahun dengan mimpi besarnya menjadi penyanyi. Ada 100 subjek lebih yang diwawancarai Kaspadia, ada teman-temannya, orang tua, rekan sesama musisi dan orang di belakang layar sampai mantan suaminya, Blake Fielder-Civil.

'Amy' dirilis pada Juli 2015 lalu dan langsung menjadi yang terlaris sepanjang sejarah perfilman Inggris engan rekor pendapatan malam pertama mencapai Rp 9,6 miliar. Sayangnya, 'Amy' mendapat komentar yang tidak baik dari pihak keluarga.

"Film ini menggambarkanku dengan sangat tidak baik. Tidak seimbang. Seakan aku dan Amy Winehouse tidak memiliki hubungan keluarga yang baik," komentar ayah Amy.

Selain itu, kateogori dokumenter lainnya, 'Best Documentary Short Subject' juga sudah punya pemenang. Yaitu 'A Girl in the River: The Price of Forgiveness' garapan sutradara Sharmeen Obaid-Chinoy.

(mif/dal)