detikHot

Laporan dari Los Angeles

Ini Jalur Red Carpet Oscar yang Bakal Dilewati Selebriti

Senin, 29 Feb 2016 08:54 WIB Adhie Ichsan - detikHot
Foto: Adhie Ichsan/detikHOT (Taken by Samsung Galaxy A5 2016)
Los Angeles -

Red carpet Oscar yang sebelumnya tertutup plastik putih, kini sudah mulai dibuka. Seperti apa jalur khusus selebriti dan para aktor Hollywood itu?

detikHOT berkesempatan melaporkan langsung dari Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, Sabtu (28/2) waktu setempat. Selain red carpet yang sudah terlihat warna khasnya, deretan patung Oscar juga telah berjejer dengan rapi.

Jalur Red Carpet perhelatan Academy Awards ke-88 ini dimulai dari sudut Hollywood Boulevard, yang sudah ditutup sejak beberapa hari lalu. Dari situ, Leonardo DiCaprio dan para aktor serta selebriti lainnya akan turun dari kendaraannya masing-masing.

Sebuah lorong pendek dengan dekorasi khas Oscar akan menjadi gerbang masuk. Sebelum melintasi red carpet untuk menuju ke Dolby Theater, para penerima nominasi, tamu penting dan undangan akan berpose di depan dengan gaun terbaiknya masing-masing.


Yang terjadi selanjutnya adalah pemandangan yang sering Anda lihat di televisi ketika malam puncak Oscar disiarkan. Para aktor dan selebriti melewati red carpet sepanjang kira-kira 20 meter, yang di sisi kirinya terdapat puluhan jurnalis televisi internasional.

Di situlah mereka biasanya berhenti sesaat untuk diwawancara dengan pertanyaan khas red carpet, "Who are you wearing?"



Pertanyaan itu awalnya dipopulerkan oleh presenter Joan Rivers, yang terkenal sebagai fashion police. "Who are you wearing" merujuk pada siapa desainer yang membuat busana si selebriti. Selain menjadi pertanyaan populer di area red carpet, pertanyaan semacam itu juga dikritik dan disebut sexist.

Tapi banyak juga hal menarik yang lahir dari pertanyaan yang menyorot fashion seperti itu. Misalnya gaun Angelina Jolie yang jadi bulan-bulanan di media sosial karena memiliki belahan terlalu tinggi hingga ke paha bagian atas pada 2012. Atau anggunnya Lupita Nyong'O dengan balutan Prada-nya, hingga gaun 'Angsa melilit' milik Bjork yang bikin geleng-geleng kepala.

Setelah melewati 'zona menantang' di red carpet, para selebriti dan aktor akan berbelok ke kanan menuju ballroom Dolby Theater. Lokasi ini berada di tengah Hollywood and Highland Center.



Tahun ini, panggung Oscar memancarkan kecantikannya dengan puluhan ribu kristal Swarovski rancangan Darek McLane. Sang desainer ternyata telah mempersiapkan panggung berkonsep era 70-an itu sejak September 2015 lalu.

Wah, akan seperti apa ya? Malam puncak Academy Awards ke-88 akan disiarkan langsung pada Senin, 29 Februari 2016 di HBO mulai pukul 07.00 WIB.
(ich/fk)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: The 88th Academy Awards
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com