detikHot

movie

Ini Para Calon Sutradara Terbaik di Oscar 2016

Jumat, 26 Feb 2016 12:30 WIB Devy Octafiani - detikHot
Jakarta -

Sutradara terbaik atau Best Director menjadi salah satu kategori yang masuk dalam daftar nominasi bergengsi di ajang Academy Awards. Tahun ini Oscar memilih lima sutradara yang bersaing di kategori tersebut. Kelimanya dinilai sukses menggarap film berkualitas baik dari segi teknik maupun pengembangan cerita. Siapa saja? Berikut para calon sutradara terbaik Oscar tahun ini.



Alejandro Inarritu - 'The Revenant'



'The Revenant' menuai banyak penghargaan sejak rilis awal Januari lalu. Berkisah tentang seorang pemburu bulu binatang yang mencoba bertahan hidup di alam liar setelah diserang beruang ini juga menuai pujian dari para kritikus. Di bawah arahannya Inarritu dinilai berhasil menggarap kisah drama tentang kemanusiaan juga bertahan hidup dengan apik. Dibintangi Leonardo DiCaprio, 'The Revenant' digarap selama 9 bulan oleh Inarritu di beberapa lokasi terpencil bersalju di kawasan Calgary, Kanada juga Argentina.

George Miller - 'Mad Max: Fury Road'



'Mad Max Fury Road' masuk dalam 10 kategori dalam daftar nominasi Oscar tahun ini. Termasuk di kategori sutradara terbaik yang membawa nama George Miller. Sutradara 70 tahun tersebut dinilai sukses membuat kembali cerita para petualang di padang pasir pasca peristiwa nuklir yang pertama kali dibuat pada 1979. Film ini disebut sebagai film action tersukses di tahun 2015 lalu. Tahun ini menjadi pengalaman Miller untuk yang pertama dinominasikan di kategori 'Best Director'. Namun sebelumnya, ia telah beberapa kali membawa pulang piala Academy Awards lewat film 'Happy Feet' juga 'Babe' di kategori Best Adapted Screenplay.

Tom McCarthy - 'Spotlight'



Lewat kisah drama jurnalisme 'Spotlight', nama sutradara Tom McCarthy juga dipilih masuk dalam nominasi Oscar. Ini kedua kalinya ia terdaftar dalam nominasi setelah sebelumnya di tahun 2009 ia berhasil membawa pulang piala lewat film animasi 'Up'. Meski baru kali kedua, namun berbagai film karyanya kerap menuai pujian. Di antaranya 'The Station Agent' (2003), 'The Visitor' (2007), juga 'Win Win'(2011).

Adam McKay - 'The Big Short'



Drama tentang resesi yang menimpa Amerika di 2008 diadaptasi secara baik oleh Adam McKay. Film tersebut juga dinominasikan di kategori 'Best Adapted Screenplay' di Oscar tahun ini. Bisa dinominasikan dalam Oscar 2016 menjadi pengalaman pertama bagi sutradara 47 tahun tersebut. Sebelumnya tak hanya film, McKay juga terlibat dalam produksi serial TV salah satunya 'Saturday Night Live'.

Lenny Abrahamson - 'Room'



'Room' menjadi kisah drama yang menuai banyak pujian tahun ini. Di bawah besutan Lenny Abrahamson, 'Room' juga meraih serangkaian penghargaan termasuk melambungkan nama Brie Larson yang beberapa kali menerima gelar sebagai aktris terbaik di berbagai ajang penghargaan. 'Best Director' menjadi nominasi pertama yang membuka jalan sutradara asal Irlandia ini masuk ke ajang Oscar. Sebelumnya Lenny telah membuat beberapa film lain di antaranya drama komedi 'Frank' yang dibintangi Michael Fassbender juga  Domhnall Gleeson.

Tak hanya sutradara terbaik, 'Room' juga masuk dalam beberapa kategori termasuk kategori aktris terbaik di mana Brie Larson kembali bersaing dengan sejumlah nama besar seperti Cate Blanchett di Academy Awards tahun ini.

Tentukan pilihanmu siapa yang layak menang di ajang Oscar tahun ini!

(doc/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com