'Kehadiran' Indonesia di Oscar Lewat 'Senyap'

Devy Octafiani - detikHot
Jumat, 26 Feb 2016 10:39 WIB
Foto: imdb
Jakarta - Indonesia akan hadir di tengah gelaran Academy Awards yang akan dilangsungkan 28 Februari mendatang. Tak sepenuhnya tampil dalam bentuk karya film, namun sebagai kisah yang sejarah masa lalunya diangkat dalam 'The Look of Silence' atau 'Senyap' oleh Joshua Oppenheimer.

Ini bukan jadi kali pertama film tentang Indonesia masuk dalam daftar nominasi. Dari tangan sutradara yang sama, film yang mengangkat kisah kelam Tanah Air di era 1965 dan PKI itu juga pernah masuk nominasi lewat 'The Act of Killing'.

Masih satu napas, 'Senyap' menempatkan sosok Adi Rukun seorang pembuat kacamata yang mencari tahu tentang kematian sang kakak yang mati karena dibantai di tahun 1965. Adi mendatangi satu per satu dari mereka yang bertanggung jawab atas kematian kakaknya.

Dalam 'The Act of Killing' penonton diajak melihat bagaimana peristiwa 1965 dari kacamata mereka yang menjadi para penjagal. Dan lewat 'Senyap' Joshua Oppenheimer menggiring publik melihat peristiwa kelam di era G30S PKI dari mata para korbannya.

Sebelum sampai ke ajang ini, 'Senyap' telah melanglang ke berbagai ajang penghargaan. Film ini disambut baik di berbagai festival dan berhasil mengumpulkan setidaknya 40 penghargaan dokumenter termasuk di ajang Busan Film Festival.

Dapatkah kisah sejarah berdarah Tanah Air diganjar Oscar tahun ini? Jawabannya baru dapat dipastikan di malam puncak Academy Awards yang digelar 28 Februari mendatang dan 29 Februari pukul 07.00 pagi waktu Indonesia.

Di Oscar 'Senyap' bersaing dengan sejumlah film dokumenter lainnya. Di antaranya 'Cartel Land', 'Winter of Fire', juga dua film dokumenter tentang dua bintang di dunia musik lewat 'Amy' dan 'What Happened Miss Simone'.

Tentukan pilihanmu siapa yang layak menang di ajang Oscar tahun ini! (doc/mmu)