detikHot

movie

Jelang Oscar, 'Senyap' Diputar di Kampus-kampus Amerika

Rabu, 24 Feb 2016 16:12 WIB Devy Octafiani - detikHot
Jakarta - 'The Look of Silence' atau 'Senyap' menjadi film selanjutnya karya Joshua Oppenheimer yang bersaing kembali di ajang Oscar tahun ini. 'Senyap' masuk di kategori 'Best Documentary Feature' bersaing dengan sejumlah film asal negara lain.

Termasuk kisah dokumenter penyanyi Amy Winehouse dalam 'Amy'.

Sebelum mencapai malam puncaknya, 'Senyap' mulai banyak diputar di beberapa kampus di Amerika. Tak hanya pemutaran, sesi diskusi juga dilakukan usai film itu ditayangkan.

Beberapa kampus yang memutar film tersebut di antaranya San Diego State University dan University California of San Diego.

Dalam beberapa wawancara, Joshua mengungkapkan bahwa 'Senyap' haruslah disaksikan oleh banyak mata tentang sebuah peristiwa nyata. Yakni, peristiwa pembantaian yang telah dilakukan para pelaku G 30 S dengan melihat dari sudut pandang para korban.

Bila di Eropa ada Nazi, Indonesia punya kisah sejenis dengan sejarah masa lalu yang kelam lewat G 30 S. Joshua merekam perjalanan seseorang bernama Adi Rukun yang merupakan sosok adik korban pembantaian yang meminta konfirmasi pada para pelaku yang telah melakukan penyiksaan pada kakaknya.  

Akankah 'Senyap' menuai kesuksesan di ajang Oscar setelah dua tahun lalu bagian pertamanya, langkah 'The Act of Killing' hanya sampai di tahap nominasi?

Sebelum bertengger di nominasiOscar tahun ini, film ini juga telah dianugerahi sejumlah penghargaan. Di antaranyaGrandJuryPrize di Festival FilmVenesia juga Moused'Oro sebagai film dokumenter terbaik.

(doc/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com