Cerita Si Unyil Sudah Diproduksi 600 Episode Sejak Diluncurkan 1979

Feby Dwi Sutianto - detikHot
Rabu, 17 Feb 2016 20:35 WIB
Foto: Feby (detikHOT)
Jakarta - Ternyata, serial Si Unyil telah diproduksi sejak tahun 1979. Proses penayangan serial anak-anak ini dilakukan dari periode 1979 sampai penayangan terakhir pada tahun 2003.

Selama periode itu, serial Si Unyil telah diproduksi sebanyak 600 episode. Cerita Si Unyil diproduksi oleh Perum Produksi Film Negara (PFN).

"Cerita Si Unyil sudah diproduksi 600 episode sejak 1979," kata Direktur Utama PFN, Shelvy Arifin saat acara kerjasama peluncuran produksi animasi 'Petualangan Si Unyil' antara PFN dan Telkom di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Selama 600 episode, serial anak Si Unyil telah ditayangkan di 3 stasiun televisi nasional. Shelvy mengakui serial Si Unyil pernah memasuki masa kemasan pada era 1980'an.

"Tahun 1980'an merupakan masa kemasan Si Unyil," tambahnya.

Melihat minimnya serial anak berkualitas, PFN kembali meluncurkan serial anak Si Unyil dengan versi animasi.

PFN menggandeng PT Telkom Tbk dan Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia (Ainaki) untuk membiayai dan memproduksi serial Si Unyil dalam 13 episode.

Di tempat yang sama, Sutradara Si Unyil Chandra Endroputro menjelaskan pihaknya menggandeng para animator terbaik di Indonesia dalam melahirkan kembali tokoh-tokoh dalam serial Si Unyil.

Tim harus mengubah sekuel boneka menjadi cerita dalam bentuk animasi yang menarik dan berkesan bagi anak Indonesia. Hal ini tentunya bukan perkara mudah.

Si Unyil versi terkini akan difokuskan membuat cerita anak-anak edukatif namun memiliki sentuhan suasana modern. Ia juga tetap mengadopsi beberapa cerita lama pada serial Si Unyil terdahulu.

"Berat bagi saya, mengubah desain karakter Si Unyil dari boneka diubah jadi karakter kekinian. Ini tantangan bagi tim," tambahnya. (feb/nu2)