DetikHot

movie

Serial Si Unyil Telan Biaya Rp 600 Juta Setiap Episode

Rabu, 17 Feb 2016 18:52 WIB  ·   Feby Dwi Sutianto - detikHOT
Serial Si Unyil Telan Biaya Rp 600 Juta Setiap Episode Foto: Feby (detikHOT)
Jakarta - Tahap awal atau sesi 1 pada serial Petualangan Si Unyil akan tayang sebanyak 13 episode mulai Agustus 2016. Untuk produksi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perfilman yakni Perum Produksi Film Negara (PFN) menggandeng Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia (Ainaki).

Sedangkan, pembiayaan produksi film ini didukung oleh PT Telkom Tbk. Untuk memproduksi 1 episode, serial Si Unyil menghabiskan biaya antara Rp 500 juta sampai Rp 600 juta. Satu episode film Si Unyil akan berdurasi 22 menit.

"Telkom akan biayai sampai 13 episode. Biaya produksi Rp 500-600 juta per episode," kata Direktur Utama PFN, Shelvy Arifin saat acara kerjasama peluncuran produksi animasi 'Petualangan Si Unyil' antara PFN dan Telkom di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Tingginya biaya untuk melahirkan kembali serial legendaris Si Unyil menjadi alasan bila proyek ini baru bisa diluncurkan pada Agustus 2016. Ide menghidupkan serial Si Unyil pertama kali muncul pada tahun 2013 atau saat Shelvy dilantik menjadi Dirut PFN oleh Dahlan Iskan, Menteri BUMN saat itu.

"Tantangan apa? Kesulitan mencoba desain bentuk boneka menjadi karater animasi, kemudian funding. Tantangan funding karena produksi perlu biaya tinggi. Alhamdullilah Telkom dukung pada produksi awal," paparnya.

Untuk tayang, PFN sedang menjajaki kerjasama dengan beberapa stasiun televisi nasional. Targetnya, serial Petualangan Si Unyil versi animasi bisa ditampilkan di TV Nasional. PFN sendiri berencana memproduksi 3 Sesi, dengan rincian 1 Sesi terdiri 13 episode.

"Sudah beberapa TV tertarik. Targetnya, bisa tayang di TV nasional," tambahnya.
(feb/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed