DetikHot

movie

Bikin 'A Copy of My Mind' Joko Anwar Pakai Dana Patungan

Jumat, 22 Jan 2016 14:33 WIB  ·   Mauludi Rismoyo - detikHOT
Bikin A Copy of My Mind Joko Anwar Pakai Dana Patungan Foto: Asep Saepullah
Jakarta - Di balik kesuksesan 'A Copy of My Mind', siapa sangka Joko Anwar sempat bersusah payah mencari dana. Film tersebut memang dibuat dalam budget yang minimalis.

Sukses menang di FFI 2015 dan melenggang ke berbagai festival internasional, film yang dibintangi Tara Basro dan Chicco Jerikho itu terlihat sempurna dengan menggunakan biaya produksi sebesar Rp 250 juta.

Joko mengaku dirinya dan tim produksi berusaha mencari dana ke berbagai pihak sebelum memulai syuting.

"Dana awalnya itu hadiah. Sebelum bikin ini kita ke Korea. Kita minta funding di sana dan kebetulan menang projeknya. Dpt $ 10rb atau sekitar Rp 140 juta waktu itu," kisah sutradara terbaik pemenang Piala Citra tersebut.

Kala itu dana tersebut diungkapkan Joko masih kurang. Mau tak mau ia mencoba mencari dana tambahan lagi. Demi syutingnya berlanjut, ia pun patungan dengan beberapa rekan untuk mewujudkan film yang bercerita tentang kisah cinta Alek dan Sari dengan bumbu politik tersebut.

"Karena kurang akhirnya gimana supaya filmnya tetap jalan, akhirnya urunan lah sama teman-teman. Mengolah Rp 250 juta itu dibuat sesimple mungkin, ya syuting nggk boleh panjang. Lokasi nggak bisa bikin set. Harus bener-bener pakai lokasi yang ada," kisahnya.


(doc/mmu)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed