Merasa 'Dibuang', Alasan Joss Whedon Keluar dari Marvel

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Rabu, 06 Jan 2016 17:11 WIB
Foto: Digital Spy
Jakarta -

Resmi berhenti dari dunia Marvel, sutradara Joss Whedon mengungkapkan alasannya. Dirinya merasa 'dibuang' oleh dunia para pahlawan super tersebut.

Keputusannya diungkap langsung oleh Whedon dalam sebuah wawancara. Bahwa dirinya berhenti mengerjakan seluruh proyek Marvel, baik sebagai sutradara ataupun cuma konsultan. Dari penuturannya, sutradara 51 tahun itu menceritakan bahwa dirinya kini merasa dilupakan atau 'dibuang' oleh Marvel.

"Dulu memang aku seperti tidak dipandang oleh Marvel dalam kurun waktu yang lama. Sampai akhirnya tiba-tiba aku dipercaya untuk mengarahkan hampir seluruh proyek mereka. Dan tiba-tiba lagi semua berubah, aku hanya diminta fokus untuk 'Ultron' (Avengers: Age of Ultron). Dari situ aku pikir, setelah 'Ultron' berakhir, aku akan berhenti," ungkap Joss Whedon seperti dikutip detikHOT, Selasa (5/1/2015).

"Aku pernah dalam fase sebagai orang yang selalu diminta pendapat. Aku sempat berhasil membuat sesuatu menjadi indah dan hebat dalam waktu yang lama. Aku selalu dianggap orang yang langka. Tapi sekarang, aku sudah memutuskan untuk berhenti. Bukan hanya karena aku punya perasaan tidak enak, tapi aku merasa sudah benar-benar tidak bisa," sambung pencipta kisah 'Buffy the Vampire Slayer' 1992 silam itu.

Dari penelusuran detikHOT, Joss Whedon sudah terlibat dalam dunia Marvel sejak 2000 dalam film 'X-Men'. Pada 2004, Whedon menulis seri komik 'Astonishing X-Men' yang kemudian berlanjut dengan komik 'Runaways'. Bahkan sutradara asal Amerika Serikat itu juga menyumbangkan beberapa karakter Marvel Comics seperti, Ord, Aldine dan Hisako 'Armor' dan Special Agent Abigail Brand.

Kiprah penulis naskah 'Toy Story' itu berlanjut ke film 'Thor (2011)' juga 'Captain America: The First Avenger (2011)'. Sayangnya, dua aksi itu tidak menuliskan namanya di bagian kredit film. Baru di film 'The Avengers (2012)' dan 'Avengers: Age of Ultron (2015)', dimana Whedon menjadi penulis naskah dan sutradara namanya hadir.

Dalam berita lain dikatakan setelah resmi pergi dari Marvel, Whedon akan beristirahat sejenak dari pengerjaan film. "Aku sepertinya benar-benar akan mengambil istirahat penuh untuk beberapa bulan. Otakku sudah tidak bisa lagi bekerja," tuturnya.

(mif/doc)