Cerita Ronny P.Tjandra Dirasuki Roh Badut

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Selasa, 10 Nov 2015 09:03 WIB
Dok.Reno Hastukrisnapati/ detikFOTO
Jakarta - Sebagai aktor, sudah seharusnya mendalami karakter yang dimainkan. Apapun resikonya, termasuki ketika karakter itu mengambil alih jati diri sang aktor.

Hal itu bukan tak mungkin terjadi, contoh paling nyata adalah mendiang Heath Ledger. Hampir seluruh penduduk dunia meyakini bahwa kematian mengejutkan Ledger karena adanya depresi tak bisa lepas dari karakter Joker yang dimainkannya dalam film 'The Dark Knight (2008). Walaupun, pihak kepolisian merilis kematian aktor berbakat itu karena komplikasi akut obat-obatan.

Ternyata hal seperti itu tak cuma terjadi di pentas perfilman Hollywood. Di Indonesia juga ada, yaitu aktor Ronny Paulus Tjandra yang merasakan dirinya terlalu dalam memerankan karakter badut di film horor berjudul 'Badoet'.

"Selesai syuting, saya merasa sosok badut itu masih ada di saya. Maksudnya secara pikiran. Sampai saya konsultasi dan disarankan untuk main film ringan saja. Tapi juga nggak berhasil," cerita Om Ronny--sapaan akarabnya--saat berbincang bersama detikHOT beberapa waktu lalu.

"Selain itu, saya juga merasa ada character domination. Dimana saya membrutal, jengkel, karena badut itu saya dan nggak boleh ada badut lain. Sampai saya membuat sebuah gambar pernyataan kepada diri saya pribadi untuk menjinakkan kemarahan badut ini," sambungnya.

Gambar yang dimaksud adalah gambar Om Ronny dalam polesan badut yang telah membunuh badut lain.

"Saya cabik-cabik badut-badut lain. Ternyata berhasil menjinakkan, padahal totaly hanya permainan pikiran saja," ungkap aktor yang sebelumnya membintangi film 'Filosofi Kopi' itu.

Itu kenapa, Om Ronny bisa mengerti apa yang dialami mendiang Heath Ledger. Ada pengaruh yang tak bisa dilepas dari karakter di film sehingga membuat si aktor merasa tertekan.

"Saya bisa paham apa yang dialami Heat Ledger, karena saya alami langsung. Cuma saya masih rem-rem," tandasnya.‎

(mif/tia)