detikHot

movie

Ini Beda 'Demona' dengan 11 Film Horor Rizal Mantovani Lainnya

Kamis, 10 Sep 2015 13:45 WIB M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Jakarta - Film horor jelas bukan suatu karya yang baru bagi seorang Rizal Mantovani. Sejak awal abad milenium, dirinya sudah menceburkan diri kepada genre film pemicu adrenalin itu.

Dibuka oleh 'Jelangkung' yang menjadi debutnya di pentas horor, sutrdara 48 tahun itu langsung melejit. Film yang berasal dari urbang legend atau cerita rakyat di Indonesia itu menjadi film horor terlaris dan buah bibir di seluruh penikmat film. Bahkan menjadi tiket bagi Rizal dan tim 'Jelangkung' untuk meraih sukses di Hollywood lewat remake yang dilakukan sutradara Michael Bay (Amageddon, Transformers) dengan judul 'The Univited'.

Setelah itu cerita rakyat lainnya terus diangkat Rizal Mantovani pada 10 film horor berikutnya. Termasuk terakhir dirilis, 'Wewe'. Akan tetapi kebiasaan itu kemudian dihentikan khusus untuk film horor terbarunya, 'Demona'. Tidak ada lagi urband legend yang menjadi makhluk menakutkan di film itu, justru pemain utamanya lah yang didaulat menjadi hantunya.

"Sebelum penggarapan 'Demona', saya berpikir apa lagi yang membedekan untuk disuguhkan kepada penonton Indonesia. Lagi mikir-miki sampai pada titik, hantu-hantu yang selama ini gue kerjakan berasal dari urband legend yang sifatnya jauh, tak punya ikatan dengan subyek yang diteror. Dalam pengertian, subyek tidak kenal dengan hantu itu," buka Rizal Mantovani saat wawancara bersama detikHOT beberapa waktu lalu usai Press Screening 'Demona'.

"Gimana kalau yang menghantui itu teman sendiri. Seseorang yang dekat dengan subject matter-nya. Akhirnya plot cerita itu yang terpilih untuk film 'Demona'," sambung Rizal.

Tak hanya cerita, karakter hantunya pun harus benar-benar baru. Tidak bisa menyerupai sosok-sosok yang banyak menjadi buah bibir selama ini.

"Secara penampilan hantunya, apa nih yang bisa saya tawarkan berbeda. Saya nggak punya apa-apa awalnya, kalau penampakannya begitu saja penonton juga kurang puas. Orang menonton film horor untuk naik roller coaster. Kalau sudah membangun cerita sedemikian rupa, tapi saat muncul penampkan biasa saja, penonton kecewa," cerita sutradara '5 CM' itu.

"Sampai akhirnya saya ketemu seorang kawan yang baru mengunggah foto mengenakan busana pengantin berwajah hancur. Ternyata dia habis pesta Hallowen. Gue minta izin menggunakan itu untuk karakter hantu di film," lanjutnya menegaskan.

Adalah Regina Rengganis, aktris pendatang baru yang memulai debutnya menjadi Demona di film 'Demona'. Aktris 16 tahun itu beradu akting dengan Ajun Perwira, Alexa Key, Inzalna Balqis, Kia Poetri, Thoriq 'Graduate Band', Angel Mulligan dan Rifky Moors. 'Demona' tayang di bioskop hari ini.


(mif/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com