95 Menit Penuh Tawa di Film 'Lamaran'

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Rabu, 08 Jul 2015 20:18 WIB
Jakarta - Membaca judulnya, tentu tak terbayang bahwa film produksi Rapi Films itu akan menghadirkan sisi komedi yang kental. Sejak dibuka pada menit pertama, pengacara batak cantik bernama Tiar (Acha Septriasa) sudah mengundang tawa.

"Orang batak itu banyak yang menjadi ahli di bidang hukum. Seperti pengacara, hakim, jaksa sampai tersangka," celoteh Ibu Tiar (Mak Gondut) dalam sebuah acara keluarga.

Tiar adalah pengacara junior yang bekerja di kantor Tulangnya (paman). Kerap disuruh membuat kopi saat rapat, Tiar tiba-tiba saja harus menghadapi kasus sangat berat. Yakni korupsi oleh orang penting bernama Pak Besuki.

Jelas saja Tiar menjadi incaran si dalang korupsi yang sebenarnya. Sadar dirinya dalam bahaya, Tiar justru cuek. Namun tiba-tiba saja, ada dua agen rahasia yang entah datang darimana untuk melindunginya. Berbasis penyamaran, agen rahasia bernama Kijang 1 (Sanca) dan Kijang 2 (Arie Kriting) itu menggaet rekan kerja Tiar bernama Aan (Reza Nangin).

Berbasis komedi romantis, tentu saja dari situ alur cerita film 'Lamaran' sudah dapat tertebak. Tapi sepertinya, itu sudah tak lagi penting karena sutradara Monty Tiwa sukses menghadirkan tawa sepanjang 95 menit durasinya.

Baca Juga: Mau Nonton 'Comic 8: Casino Kings' Sebelum Tayang di Bioskop? Ikut Kuisnya!

Lawakan dengan dialek batak tentu menjadi andalan. Tanpa harus membosankan, ada konflik yang justru menimbulkan kelucuan saat budaya Batak yang menjadi tema besar di situ, berhadapan dengan budaya Sunda. Tematik Batak yang kental semakin diperkuat dengan hadirnya aktor Cok Simbara, Darti Manulang juga aktor muda Restu Sinaga.

"Makanan apa ini? Kok daun (lalapan) semua? Memangnya kita kambing?" ujar Ibu Tiar ketus.

"Tiar itu sejak kecil sudah biasa makan anjing. Kau tahu cara masak anjing?" sambungnya lagi. Itu adalah salah satu adegan saat keluarga Tiar bertemu dengan Keluarga Aan yang berasal dari Jawa Barat.

Menariknya, sisi drama dan komedi diramu dengan pas oleh sutradara yang sebelumnya mengarahkan Acha untuk film 'Testpack'. Ditambah, satu lagi kejutan dihadirkan oleh grup Project Pop yang juga ambil peran.

'Lamaran' siap hadir menjadi film keluarga pada 15 Juli mendatang.

(mif/ich)