'Filosofi Kopi' dan 'Tabula Rasa' Disambut Antusias di Festival Film Cannes 2015

- detikHot
Jumat, 15 Mei 2015 13:29 WIB
Olga Lydia di Festival Film Cannes 2015 (dok.pribadi/Twitter)
Jakarta - Sejumlah film Indonesia seperti Tabula Rasa, Filosofi Kopi dan "The Fox Exploits The Tiger's Might" akan diputar di Festival Film Cannes 2015. Artis Olga Lydia menjadi salah satu dari beberapa delegasi Indonesia yang dikirim. Seperti apa kegiatannya di sana?

"Hari pembukaan Cannes Film Festival, pagi hari kami hadir di booth dengan banyak sekali barang-barang merchandise dan buku panduan untuk film panjang, film pendek dan juga brosur," buka Olga dalam surat elektronik yang turut diterima detikHOT, Jumat (15/5).

Ada tiga film nasional yang mendapat kesempatan untuk diputar di salah satu festival film paling bergengsi di dunia itu. Film 'Filosofi Kopi' arahan sutradara Angga Sasongko lebih dulu diputar di sesi Market Screening.

Baca Juga: Film-film Terbaru yang Rilis di Bioskop

Menurut Olga, pemutaran film 'Filosofi Kopi' sudah diiklankan di FilmFestival.com, dan masuk dalam buku panduan resmi Cannes serta jadwal harian yang diterbitkan tiap hari oleh Cannes Film Festival Marche du Film. Meskipun sempat khawatir karena mendapat jadwal saat pembukaan, Olga sumringah melihat antusiasme yang besar saat pemutaran 'Filosofi Kopi.

"Ruangannya pun penuh bahkan ada yang masuk belakangan terpaksa berdiri," katanya.

Olga datang ke Cannes bersama dengan tim dari Badan Perfilman Indonesia seperti Kemala Atmodjo dan Robby Ertanto. Nampak juga komposer untuk musik di film, Aghi Narottama. Perwakilan tim produksi 'Filosofi Kopi' juga hadir langsung.

"Angga Sasongko dan Adi S. Nagara serta Chicco Jerikho kompak menyiapkan marketing tools lengkap, dari brosur hingga kopi Indonesia yang dibawa dari Jakarta. Dan dari 3 film yang diputar bersamaan hampir semua mengantre untuk menonton Filosofi Kopi!" katanya.

Baca Juga: Didi Petet Si Kabayan Tea

Olga juga mengatakan bahwa film pendek "The Fox Exploits The Tiger's Might" karya Lucky Kuswandi masuk ke dalam seleksi "Critic's Week". Hanya 10 film pendek dan tujuh film panjang yang terpilih dalam ajang bergengsi di Festival Film Cannes itu.

Film 'Tabula Rasa' akan diputar dua kali pada ajang tersebut. Menurut

Di Festival Film Cannes 2015, rombongan Indonesia menyewa "booth" untuk memperkenalkan film dan kekayaan alam Indonesia, yang diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi industri film dunia. Menurut Olga, delegasi film Indonesia juga mendapatkan bantuan dari KBRI selama berada di sana.

"Pak Duta Besar Indonesia yang juga hadir dari Paris untuk mendukung tim Indonesian Cinema. Tim dari Konsulat juga luar biasa, selain menyiapkan transportasi juga akan menyiapkan rendang khusus untuk pemutaran Tabula Rasa," katanya.

(ich/ich)