DetikHot

movie

Ayo Nonton Film Pendek di Bioskop!

Rabu, 06 Mei 2015 15:36 WIB  ·   - detikHOT
Ayo Nonton Film Pendek di Bioskop!
Jakarta - Lebih dari 6.500 pengunjung telah menghadiri seluruh rangkaian festival yang terdiri dari penayangan film pendek kompetisi, film pendek internasional pilihan, workshop filmmaking, dan Pitching Forum. Kini film-film pemenang XXI Short Film Festival 2015 telah siap untuk tayang di bioskop jaringan Cinema XXI.

Seluruh film pemenang akan hadir di bioskop Cinema XXI mulai tanggal 06 Mei 2015 di TIM XXI, Jakarta. Tak hanya di Jakarta, film-film pemenang XXI Short Film Festival 2015 juga akan roadshow ke bioskop Cinema XXI di kota Bandung, Yogjakarta, Surabaya, dan Makassar.

Untuk dapat menikmati pemutaran film-film pemenang ini, penonton akan diberikan harga spesial di bioskop jaringan Cinema XXI yaitu sebesar Rp 10,000 sebagai bentuk apresiasi terhadap para pemenang. Penayangan film pemenang yang akan roadshow ke berbagai kota adalah bentuk jawaban atas besarnya animo para penikmat film di berbagai kota terhadap XXI Short Film Festival. Hal ini terlihat dari banyaknya pendaftar yang tak hanya berasal dari kota Jakarta, selain itu selalu dipenuhinya roadshow workshop yang digelar sebelum pelaksanaan XXI Short FIlm Festival 2015 berlangsung.

Berikut para pemenang dalam XXI Short Film Festival 2015 yang akan tayang di bioskop Cinema XXI:

1. A Week With Heru
 
Sinopsis: Heru adalah seorang pria yang sedang menginjak akhir dari masa remajanya. Ia hidup dalam kehidupan sederhana yang tidak bisa ia lalui dengan mudah. Keseharian Heru dalam menghadapi permasalahan di sekitarnya dirangkum dalam film ini.
Sutradara: Made Dimas Wirawan (Yogyakarta)
Durasi: 3 menit
Penghargaan: Film Pendek Animasi Pilihan Juri Media XXI Short Film Festival 2015.
 
2. 05:55
 
Sinopsis: Film ini menggambarkan aktifitas keseharian warga dusun di wilayah Bantul sebelum bencana gempa besar terjadi pada tanggal 27 Mei 2006. Ini adalah rekaman pengalaman pribadi sang sutradara yang ingin mengajak kita merasakan ketakutan luar biasa pada saat gempa terjadi.
Sutradara: Tiara Kristiningtyas (Yogyakarta)
Durasi: 12 menit
Penghargaan: Film Pendek Fiksi Pilihan Juri Media XXI Short Film Festival 2015.
 
3. Hari yang Lain untuk Bakka' Sendana
 
Sinopsis: Bakka' Sendana adalah ayam jagoan milik Sappe. Sudah berkali-kali ia menang dalam pertarungan sabung ayam di Toraja. Tapi sabung ayam kali ini bisa menjadi arena terakhir bagi ayam manapun.
Sutradara: N. Priharwanto (Jakarta)
Durasi: 7 menit
Penghargaan: Film Pendek Dokumenter Pilihan Media XXI Short Film Festival 2015.
 
4. Djakarta-00
 
Sinopsis: Gani merupakan seorang seniman hipokrit yang hidup di sebuah kota fiksional bernama Djakarta-00. Suatu hari ia bertemu dengan Antya seorang remaja kritis yang membagi-bagi buku di depan rumahnya. Berdua mereka pun berjalan-jalan mengelilingi kota Djakarta-00, sambil bercakap-cakap tentang keadaan kota mereka saat itu.
Sutradara: Galang Ekaputra Larope (Jakarta)
Durasi: 9 menit
Penghargaan: Film Pendek Animasi Terbaik XXI Short Film Festival 2015.
 
5. Onomastika
 
Sinopsis: Seorang anak kecil tak bernama, hidup bersama dengan kakeknya yang memiliki banyak nama.
Sutradara: Loeloe Hendra (Yogyakarta)
Durasi: 15 menit
Penghargaan: Special Mention Official Jury Film Pendek Fiksi XXI Short Film Festival 2015.
 
6. The Demits
 
Sinopsis: Bagaimana kita hidup sama pentingnya dengan bagaimana kita mati. Mungkin itulah moto hidup Demi, seorang pemuda yang penasaran karena pose ketika ia mati sangat jauh dari harapan. Masalah timbul ketika wanita incaran Demi, Dinda, akan datang ke tempat tinggalnya. Untung saja ada makhluk-makhluk gaib yang bersedia membantu Demi supaya tampil kece ketika Dinda datang. Tapi, apakah mereka masih sempat?
Sutradara: Ruben Adriano (Bandung)
Durasi: 6 menit
Penghargaan: Special Mention Official Jury Film Pendek Animasi XXI Short Film Festival 2015.
 
7. Iblis Jalanan
 
Sinopsis: Film ini berkisah tentang pembalap Tong Setan di pasar malam, yang terinspirasi dari lagu (band) Bangkutaman dengan judul yang sama.
Sutradara: Salman Farizi (Jakarta)
Durasi: 11 menit
Penghargaan: Special Mention Official Jury Film Pendek Dokumenter XXI Short Film Festival 2015.
 
8. Pret
 
Sinopsis:. Ketika kursi mulia diperebutkan, kekacauan pun merebak.
Sutradara: Firman Widyasmara (Yogyakarta)
Durasi: 4 menit
Penghargaan: Film Pendek Fiksi Pilihan Juri IMPAS (Indonesian Motion Pictures Association) XXI Short Film Festival 2015.
 
9. Digdaya Ing Bebaya
 
Sinopsis: Inilah kisah warga lereng Gunung Merapi yang menolak untuk direlokasi setelah meletusnya gunung tersebut.
Sutradara: BW Purba Negara (Yogyakarta)
Durasi: 16 menit
Penghargaan: Film Pendek Dokumenter Pilihan Juri IMPAS (Indonesian Motion Pictures Association), Film Pendek Dokumenter Terbaik, XXI Short Film Festival 2015
 
10. Lemantun
 
Sinopsis: Dalam pertemuan keluarga kali ini, Ibu bermaksud untuk membagikan lima buah lemari kepada lima orang anaknya, sebagai sebuah warisan. Namun, lemari yang seharusnya menjadi anugerah ini, justru menjadi beban bagi Tri, anak ketiga.
Sutradara: Wregas Bhanuteja (Jakarta)
Durasi: 20 menit
Penghargaan: Film Pendek Favorit Penonton, Film Pendek Fiksi Pilihan Juri IMPAS (Indonesian Motion Pictures Association), Film Pendek Fiksi Terbaik, XXI Short Film Festival 2015.


(ich/ron)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed