DetikHot

movie

Ini Para Pemenang XXI Short Film Festival 2015

Senin, 23 Mar 2015 14:48 WIB  ·   - detikHOT
Ini Para Pemenang XXI Short Film Festival 2015
Jakarta - Setelah berlangsung selama lima hari di Epicentrum XXI mulai tanggal 18-22 Maret 2015, pagelaran tahunan XXI Short Film Festival 2015 akhirnya mengeluarkan daftar pemenang. Yang menarik, di tahun ketiga ini ada film yang berhasil menyabet tiga penghargaan sekaligus.

Kegiatan XXI Short Film Festival 2015 telah dimulai sejak 8 September 2014 hingga 10 Desember 2014 untuk masa pendataran kompetisi film pendek yang terbagi dalam tiga kategori kompetisi. Tahun ini, jumlah pendaftar naik dibanding tahun lalu, yakni mencapai 651 film pendek. Dari jumlah tersebut akhirnya dikurasi menjadi 9 finalis kompetisi film pendek fiksi, 6 finalis kompetisi film pendek dokumenter, dan 8 finalis kompetisi film pendek animasi.
 
Dengan meningkatnya jumlah peserta tahun ini, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf berharap bahwa bakat-bakat yang muncul di XXI Short Film 2015 ini bisa membawa angin segar dan optimisme bagi masa depan dunia perfilman Indonesia. Menurutnya, film adalah salah satu sebuah bangsa untuk memperkenalkan budaya dan kemajuan peradabannya di dunia internasional.

"Teruslah berkreasi, karena hanya dengan produktivitas yang terus-menerus, akan tercapai cita-cita kita semua, yaitu film Indonesia menjadi raja di negeri sendiri," jelas Triawan Munaf saat malam puncak di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (22/3).
 
Layaknya, tahun-tahun sebelumnya, XXI Short Film Festival 2015 juga kembali menyelenggarakan program pitching forum. Kali ini, film pendek yang behak mendapatkan bantuan dana produksi dari Cinema XXI serta bantuan produksi dan pasca produksi yang didukung sepenuhnya oleh SAE Institute Jakarta untuk film mereka adalah 'Menjelang Siang', 'Humus', dan 'Cinta Itu Kecoa'.

"Harapan kami lewat ajang XXI Short Film Festival, bakat-bakat muda yang penuh semangat berkreasi ini bisa mendapatkan wawasan dan arahan dari filmmakers profesional. Agar mereka dapat menjadi kekuatan dunia perfilman di masa yang akan datang. Semangat terus untuk terus berkreasi lewat film. Buatlah film yang menghibur dan memberi inspirasi bagi penontonnya," ujar Catherine Keng selaku Festival Director XXI Short Film Festival.

Film yang berhasil menyabet tiga penghargaan sekaligu 'Lemantun' menjadi pemenang untuk kategori Film Pendek Favorit Pilihan Penonton, Film Pendek Fiksi Pilihan Juri IMPAS, dan Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik Pilihan Juri.
 
"Film Lemantun ini berdasarkan cerita asli dari keluarga saya sendiri di tahun 2011, eyang putri saya membagikan lemari kepada anak-anaknya. Film ini menjadi terapi bagi saya untuk selalu kangen dan pulang ke keluarga di Jogja maupun di Solo. Dan apabila film ini bisa juga mejadi terapi bagi teman-teman semua, aku akan sangat berterima kasih banyak," ujar Wregas Bhanuteja, sutradara film Lemantun saat menerima penghargaan.
 
Berikut adalah daftar pemenang XXI Short Film Festival 2014:
 
Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik - Lemantun (Wregas Bhanuteja)
 
Film Pendek Animasi Terbaik - Djakarta-00 (Galang Ekaputra Larope)
 
Film Pendek Dokumenter Terbaik - Digdaya Ing Bebaya (BW Purba Negara)
 
Film Pendek Fiksi Naratif Pilihan Media - 05:55 (Tiara Kristiningtyas)
 
Film Pendek Animasi Pilihan Media - A Week With Heru (Made Dimas Wirawan)
 
Film Pendek Dokumenter Pilihan Media - Hari Yang Lain Untuk Bakka' Sendana (N. Priharwanto)
 
Film Pendek Dokumenter Pilihan IMPAS - Digdaya Ing Bebaya (BW Purba Negara)
 
Film Pendek Fiksi Naratif Pilihan IMPAS - Lemantun (Wregas Bhanuteja)
 
Film Pendek Animasi Pilihan IMPAS - Pret (Firman Widyasmara)
 
Film Pendek Favorit 'Pilihan Penonton' - Lemantun (Wregas Bhanuteja)
 
Selain para pemenang diatas, pihak panitia juga memberikan penghargaan untuk spesial mention yang terdiri dari:
 
Special Mention Film Pendek Dokumenter dari Juri Official - Iblis Jalanan (Salman Farizi)
 
Special Mention Kategori Animasi dari Juri Official - The Demits (Ruben Adriano)
 
Special Mention Film Pendek Naratif dari Juri Official - Onomastika (Loeloe Hendra)
 
Selain mendapatkan penghargaan, seluruh pemenang juga mendapatkan uang tunai puluhan juta rupiah, voucher belanja, piala dan piagam dari Cinema 21, bantuan beasiswa dari SAE Institute Jakarta, serta pemutaran film-film pemenang di jaringan bioskop Cinema XXI seusai festival.
 
XXI Short Film Festival 2015 yang berlangsung selama lima hari ini tercatat telah dihadiri oleh 6.500 penonton yang menghadiri seluruh rangkaian festival yang terdiri dari penayangan film pendek kompetisi, film pendek internasional pilihan, workshop filmmaking, dan Pitching Forum.


(ich/ron)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed