Movie Buzz!

Annie: Kisah Sederhana yang Menggembirakan

- detikHot
Kamis, 22 Jan 2015 13:54 WIB
Jakarta -

Sutradara Will Gluck melakukan perubahan radikal dalam adaptasi kisah klasik 'Annie'. Selain mengubah cerita menjadi lebih sederhana, karakter Annie yang pirang juga diubah menjadi Afro-Amerika.

Cerita Annie sang anak yatim yang aslinya berdasarkan komik 'Little Orphan Annie' (1924) karya Harlod Gray sudah sering dipentaskan di panggung Broadway sejak 1977. Will Gluck juga bukan yang pertama mengadaptasinya ke layar lebar. Sebelumnya film ini telah dibuat pada 1982 oleh John Huston.

'Annie' aslinya memiliki latar saat Great Depression, krisis yang terjadi di Amerika, Eropa dan berbagai negara lain yang terjadi pada periode 1929. Tetapi Will Gluck memilih untuk menyingkirkan itu semua, dan membuat cerita baru versinya.

"Annie bercerita tentang Era Depresi, FDR (Frank D. Roosevelt) dan Herbert Hoover yang tidak terlalu menarik untuk anak-anak zaman sekarang," kata Gluck mengungkapkan alasannya.

"Jadi kami memutuskan untuk menghilangkan itu semua dan membuat latarnya tahun 2014. Sejalan dengan cerita, lirik juga diubah bersama melodinya. Ini film yang berbeda, tetapi berada di jalur cerita yang sama," jelas sutradara yang sebelumnya mengarahkan 'Friend's with Benefit' itu.

BACA JUGA: Bintang 'Mortal Kombat' dan 'IP Man 2' Meninggal Dunia

Bagi para orangtua (atau nenek dan kakek) yang masa kecilnya tumbuh dengan kisah 'Annie', mungkin banyak hal yang bisa diprotes kepada Gluck mengenai perubahan radikalnya. Hal itu sempat ditakutkan sang sutradara.

"Aku sangat takut melakukannya, jika aku merusak masa kecil banyak orang. Jadi kami tidak ingin menyentuh memori, tetapi membuatnya versi kami. Dan aku harap kami berhasil melakukannya," lanjut Gluck.

Jika merujuk pada cerita asli, film 'Annie' karya Will Gluck memang menyisakan banyak kekurangan. Ceritanya terlampau sederhana dan terkesan klise, dan untuk sebuah film musikal, koreografi dalam beberapa adegan tidak cukup memukau. Belum lagi perubahan lirik dan komposisi musik dari Sia dan Greg Kurstin yang kualitasnya dinilai di bawah lagu dalam cerita asli.

Tapi, apabila Anda menyimak perkataan sutradara Will Gluck sejak awal akan visinya, di balik kesederhanaan ceritanya, 'Annie' memenuhi segala kriteria 'menghibur' untuk disaksikan bersama anak. Kedekatan emosional antara Annie (Quvenzhané Wallis) dan konglomerat William Stacks (Jamie Foxx) cukup menyentuh, sisi komedinya proporsional dan mood film ini begitu menggembirakan.

BACA JUGA: Batman Dikabarkan Ikut Muncul di 'Suicide Squad'

Annie juga dibintangi Cameron Diaz, Rose Byrne, dan Bobby Cannavale. Beberapa tokoh terkenal juga tampil cameo seperti Mila Kunis, Ashton Kutcher, Rihanna, hingga Michael J. Fox.

(ich/mmu)