Ini Empat Karakter Utama di 'Hijab'

- detikHot
Rabu, 17 Sep 2014 12:21 WIB
Jakarta -

Film drama berbalut fashion wanita muslim, 'Hijab' menampilkan empat wanita cantik sebagai karakter utamanya. Mereka adalah Sari (Zaskia Adya Mecca), Bia (Carissa Puteri), Tata (Tika Bravani) dan Anin (Natasha Rizki).

Masing-masing karakter mempunyai ciri khas hijab sendiri. Tiga dari mereka menggunakan hijab yang berbeda jenis, sedangkan satu lagi justru tidak perduli dengan urusan hijab.

"Zaskia Adya Mecca yang merangkap sebagai produser, wardrobe dan pemain memerankan karakter bernama Sari. Sari merupakan wanita yang mengenakan hijab 'syari'. Kalau Carissa Puteri dia menggunakan hijab yang lebih fashion," ungkap Hanung Bramantyo saat syukuran film tersebut di Kantor Dapur Film, Jakarta Selatan, Selasa (16/9/2014).

"Tika Bravani sebagai Tata, dia menggunakan hijab turban. Jilbabnya yang tinggi menjulang ke atas. Di sini Tata menggunakan hijab karena ada satu dan lain hal. Natasha Rizki adalah satu-satunya yang tidak berjilbab di geng ini. Nah, mereka berempat itu bersahabat dan berbisnis butik bersama," jelas Hanung lagi.

Tidak hanya dari unsur fashion, empat wanita itu pun mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Ada yang menjadi aktivis, ada juga ibu rumah tangga biasa.

"Anin lebih nggak peduli sama yang namanya hijab. Dia itu wanita smart, penggila Prancis, cantik dan seksi. Jadi, karakter aku tuh seksi tapi mahal," ujar Natasha Rizki sebagai pemeran Anin.

"Kalau saya itu awalnya aktif sebagai aktivis perempuan, melakukan demo. Bisa dibilang menganut paham fenimis. Suaranya juga lebih lantang, tegas dan kritis. Tapi, kemudian setelah menikah dan punya anak, jadi ibu tangga," sambung Tika Bravani si pemeran Tata.

Akan tetapi, lain Caca-sapaan akrab Natasha Rizki--dan Tika, lain pula Carissa Puteri. Vakum empat tahun dari seni peran membuat perempuan berdarah Jerman itu sedikit grogi. "Sedikit deg-degan karena sudah lama nggak syuting, tapi tertarik banget. Karena realistis, seperti kehidupan sehari-hari. Ada drama dan komedi juga," tutur Carissa.

Film perdana kerja sama Dapur Film dan Ampuh Entertainment itu mengisahkan empat wanita muslimah yang bersahabat lama, hingga kemudian tiga dari mereka menikah. Akan tetapi, mereka punya keinginan untuk bisa hidup mandiri dan tidak hanya bergantung pada suami. Sampai akhirnya Sari, Bia, Tata dan Anin membuka sebuah bisnis hijab bersama-sama, dan sukses.

Masalahnya, empat wanita itu kemudian terbentur dengan pandangan budaya Indonesia dan agama yang menurut mereka kurang mendukung apabila seorang istri mempunyai penghasilan yang lebih dari suaminya. Bahkan, sampai membantu kebutuhan rumah tangga. Apakah itu benar?

Bersabarlah karena 'Hijab' baru memulai syutingnya hari ini di Jakarta. Dijadwalkan, film yang juga diperankan oleh Ananda Omesh, Nino Fernandez, Mike Lucock dan Dion Wiyoko itu akan tayang 15 Januari 2015.

(hap/mmu)