ADVERTISEMENT

Film 'The Act of Killing' Gratis Diunduh untuk Indonesia

- detikHot
Jumat, 30 Agu 2013 11:15 WIB
Jakarta - Sutradara Joshua Oppenheimer dan pihak yang terlibat dalam produksi film 'The Act of Killing' baru saja mengumumkan bahwa film tersebut bisa diunduh gratis di internet khusus untuk Indonesia. Joshua ingin agar masyarakat Indonesia mau kembali menengok sejarah yang terjadi dalam kurun 1965-1966.

"Sejarah dari pembantaian 1965 adalah milik rakyat Indonesia," ujar Joshua dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Jumat (30/8/2013).

"Dan untuk alasan itu, selalu menjadi niatan kami untuk memberikan film tersebut kepada semua warga Indonesia," tambahnya.

'The Act of Killing' yang bercerita tentang situasi pasca Gerakan 30 September 1965 yang kacau dan disebut-sebut telah menghilangkan sekitar sejuta nyawa warga negara. Dalam film direkonstruksi bagaimana pembunuhan terhadap sejumlah anggota Partai Komunis Indonesia dilakukan oleh para pemuda anggota sebuah ormas kepemudaan di Medan. Salah satu eksekutornya adalah Anwar Congo.

Anwar menyatakan memang dia ikut dalam pembantaian itu, tetapi karena kala itu situasinya juga bahaya. Alasannya, saat itu kalau tidak membunuh (PKI), ya terbunuh.

'The Act of Killing' menang di kategori Panorama Audience Award seksi film dokumenter Festival Film Berlin. Film itu juga diputar di Festival Film Toronto.

Bagi Anda yang ingin mengunduh film tersebut, bisa klik di sini.

(ich/mmu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT