detikHot

movie

Animator 'The Avengers' Buka Kursus Online untuk Animator Indonesia

Kamis, 13 Feb 2014 18:40 WIB - detikHot
Ronny Gani (dok.pribadi)
Jakarta - Masih ingat dengan Ronny Gani? detikHOT pernah mengangkat sosok animator asal Indonesia itu soal keterlibatannya dalam menggarap animasi 'The Avengers' dan 'Pacific Rim'. Kini Ronny membuka kesempatan belajar untuk animator Indonesia lainnya.

Untuk mengangkat kualitas dan keahlian animator Indonesia menuju standar yang kompetitif di level internasional, Ronny pun mendirikan Bengkel Animasi, kursus online yang khusus mengajarkan animasi karakter.

"Animasi karakter (Character Animation) merupakan hanya satu bagian dari keseluruhan proses pembuatan CG Animation, jadi Bengkel Animasi mengambil posisi sebagai suplemen terhadap sekolah/universitas lain, yang mengajarkan tentang CG Animation secara menyeluruh," ujar Ronny dalam situs resminya.

Kepada detikHOt, Ronny mengatakan bahwa ia sudah mulai mengadakan seminar-seminar animasi di Indonesia sejak kuartal terakhir tahun lalu. "Seminarnya kerjasama dengan beberapa universitas di Jakarta, Yogya, Semarang, Surabaya, Padang dan Bandung. Peserta di masing-masing seminar tersebut kisarannya 100-500 orang, yang berarti ada banyak peminat animasi di Tanah Air," jelasnya.

Oleh karena itu, ia tergerak untuk membuat Bengkel Animasi. "Konsep dari Bengkel Animasi adalah mengajak para profesional animator, yang udah punya experience dalam produksi animasi, untuk jadi pengajar buat para peserta kursusnya. Jadi skill peserta akan terangkat sesuai dengan standar industri profesional.

Pengajar di Bengkel Animasi adalah para animator profesional yang berpengalaman terlibat langsung di industri animasi internasional, dengan project credit list mulai dari Hollywood blockbuster, animated feature, sampai international TV series. Materi pembelajaran dan kurikulum disusun khusus untuk mencapai kriteria yang dibutuhkan dalam sebuah produksi animasi internasional.

"Melalui metode online, kesempatan belajar di Bengkel Animasi terbuka kepada siapa saja di seluruh Indonesia," tambahnya

Bengkel Animasi memiliki tiga buah materi, yaitu Animation Basic, Animation Intermediate dan Animation Advance. Tiap materi berlangsung selama 12 minggu, dengan dua kali pertemuan setiap minggu.

Dalam tiap kelas akan terdapat satu pengajar, dengan jumlah murid yang akan dibatasi maksimal lima orang, sehingga proses pengajaran menjadi fokus dan intensif. Para pengajar di Bengkel Animasi memiliki pengalaman terlibat langsung di produksi animasi, sehingga materi yang diajarkan akan terorientasi terhadap standar industri animasi profesional.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi murid ataupun pengajar, bisa mencari informasi lebih lanjut di bengkelanimasi.com.





(ich/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com