K-Spotlight

Fenomena Suksesnya Konser K-Pop Online saat Pandemi COVID-19

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Senin, 14 Sep 2020 15:38 WIB
Cara Unik Nonton Konser K-Pop, Penontonnya di Dalam Mobil
Foto: Dok. Hyundai
Jakarta -

Industri hiburan dunia, termasuk Korea, saat ini ikut terdampak pandemi COVID-19. Namun K-Pop tetap berdiri tegak walaupun banyak hal berubah, termasuk cara para idola berinteraksi dengan fans melalui konser.

Sejak awal pandemi, sejumlah agensi besar seperti SM Entertainment hingga Big Hit Entertainment menggelar konser secara online sebagai pengganti konser-konser offline yang seharusnya mereka gelar sejak awal tahun. Menurut Kim Hun Sik, kritikus budaya pop di Korea Selatan, pandemi malah membuka sebuah kesempatan baru bagi para manajemen untuk semakin memperluas jangkauan mereka.

"COVID-19 membuka kesempatan baru pada K-Pop untuk memperluas dan berkembang lebih jauh. SM Entertainment sudah berinvestasi pada hal-hal semacam realita virtual selama 10 tahun belakangan. Kita juga punya artis lain seperti PSY, dan sekarang BTS," ujarnya.

SM Entertainment adalah manajemen pertama yang bekerjasama dengan V Live untuk menghadirkan konser online dengan pengalaman yang berbeda. Mereka menggunakan tata kamera, hingga teknologi-teknologi mutakhir untuk konser-konser online artisnya seperti Super Junior hingga NCT.

Langkah tersebut juga diikuti Big Hit Entertainment saat menggelar konser BTS bertajuk Bang Bang Con the Live. Konser tersebut diikuti lebih dari 750 ribu orang dari seluruh dunia.

"Ini adalah tahun yang berat untuk industri hiburan, khususnya K-Pop karena K-Pop adalah tentang berinteraksi dan berkomunikasi dengan fans," ujar John Han, project manajer divisi bisnis festival global dari CJ ENM.

"Namun pandemi juga memberikan kesempatan untuk mereka mengembangkan ide dan kreativitas untuk tetap mengkoneksikan fans dengan artis melalui dunia virtual," lanjutnya.

Pemerintah pun memberikan dukungan penuh atas konser-konser online tersebut. mereka bahkan menggelontorkan dana yang tidak sedikit. Simak pembahasannya lebih lanjut di artikel K-Spotlight berikutnya.



Simak Video "Konser Online 'Wave of Cinema' Akan Digelar dengan Protokol Ketat"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dar)