detikHot

K-Spotlight

Idola K-Pop Kerap Alami Gangguan Mental Akibat Comeback

Senin, 29 Jun 2020 16:04 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Peserta Sekolah Dinas Luar Negeri (Sesdilu) Angkatan ke-60 (7/3) belajar manajemen K-Pop. Foto: Peserta Sekolah Dinas Luar Negeri (Sesdilu) Angkatan ke-60 (7/3) belajar manajemen K-Pop. (Aji Surya-detikcom)
Jakarta -

Sejumlah agensi K-pop kini mulai terbuka soal kesehatan mental para artisnya. Berbeda seperti sebelumnya, saat ini kesehatan mental menjadi salah satu hal utama yang menjadi perhatian.

Dalam wawancara dengan Xsports News belum lama ini, sejumlah agensi yang tak ingin diungkap namanya membeberkan sejumlah alasan yang membuat para idola K-Pop mengalami gangguan mental. Salah satu alasan rupanya adalah tekanan yang mereka rasakan menjelang comeback.

"Banyak permasalahan yang terjadi dalam sistem kepengurusan idola K-Pop secara luas. Bagaimana para idola mempromosikan comeback mereka, sulit untuk menghindari stres secara fisik dan mental karena jadwal yang bertumpuk," ungkap salah satu pihak agensi.

Walaupun manajemen sudah melakukan yang terbaik untuk menjaga kesehatan mental sang idola, namun mereka tak bisa menjamin 100 persen para idola K-pop akan baik-baik saja. Salah satu yang paling bisa membantu adalah keberadaan rekan sesama member untuk satu sama lain.

"Sebenarnya yang paling bisa memahami adalah rekan sesama member. Mereka harus melindungi satu sama lain dan dengan aktif berbicara pada pihak agensi," lanjutnya.

"Sehingga obrolan-obrolan positif bisa membantu memperbaiki situasi," tambah pihak agensi.

Saat ini sudah mulai banyak agensi K-Pop yang memberikan waktu istirahat bagi para idola yang merasa tak lagi sanggup menjalani aktivitas. Banyak idola yang kini sudah mulai terbuka dan berani jujur demi kesehatan mental mereka.

"Ketika seorang artis mengungkapkan keinginannya untuk berhenti sejenak dari promosi, kami biasanya menyanggupi hal tersebut. Keputusan untuk kembali promosi juga dibuat berdasarkan kehendak artis itu sendiri," ungkapnya.

"Tidak masuk akal bagi sebuah perusahaan memaksa artis kembali menjalani promosi ketika mereka tidak siap," pungkasnya.

Lalu langkah apa saja yang sudah diambil oleh manajemen K-Pop untuk menjaga kesehatan mental para idola? Simak di K-Spotlight selanjutnya.




Simak Video "Bangun Kebahagiaan Anak Selama Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com