detikHot

K-Spotlight

Moranbong Band, Spice Girls Versi Korea Utara

Senin, 30 Des 2019 20:22 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Moranbong Band Foto: Ed Jones/AFP
Jakarta - Kepopuleran K-Pop yang kini telah mendunia membuat Korea Utara seakan tak mau kalah. Kim Jong Un secara khusus membentuk idola perempuan versinya sendiri, dan memberinya nama Moranbong Band.

Majalah Fortune menyebut Moranbong Band sebagai Spice Girls versi Korea Utara. Debut pada 2012, grup beranggotakan lima orang perempuan tersebut membawa budaya barat seperti Mickey dan Minnie Mouse dalam penampilannya, atau menyayikan lagu cover 'My Way'.

Namun dari semua adaptasi budaya tersebut, Moranbong Band lebih terlihat seperti idola K-Pop. Mereka mengenakan rok pendek dan sepatu hak tinggi saat tampil di atas panggung, seakan ingin menunjukkan bahwa Korea Utara juga memiliki budaya pop yang bisa dibanggakan.

Dikutip dari Korean Central News Agency, Kim Jong Un disebut membentuk Moranbong Band sebagai jawaban atas permintaan abad ini. Dari gaya bermusiknya, Moranbong dinilai mencoba memodernisasi seni, berpindah dari aliran musik Pochonbo Electronic Ensamble yang terbilang lebih 'kuno'.




Namun, Moranbong Band tak berbeda dengan grup musik sebelumnya yang masih menjadikan musik sebagai senjata politik. Walaupun begitu, judul-judul lagu yang mereka bawakan terdengar sedikit lebih universal, seperti 'We Can't Live Without His Care' hingga 'Fluttering Red Flag'.

Menurut Nolsae Nara TV, seorang YouTuber yang merupakan pembelot Korea Utara, awalnya publik Korea Utara merasa kaget dengan keberadaan Moranbong Band. Apalagi, warga negara biasanya tak diperbolehkan mengenakan pakaian mini untuk siaran TV. Selain itu, ia juga menyebut sama sekali tak ada boyband di Korea Utara.

"Jika BTS bermain di Korea Utara aku yakin gadis-gadis di sana akan tergila-gila," ungkapnya dalam salah satu video YouTube.


Simak Video "Dunia Lagi Lawan Corona, Korea Utara Malah Sibuk Uji Misil"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com