K-Spotlight

Korea Selatan 'Lumpuh' Demi Ujian Masuk Perguruan Tinggi

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Senin, 11 Nov 2019 19:16 WIB
Foto: Idah Nurhaidah/d'Traveler
Jakarta - Selain pendidikan 9 tahun, satu hal penting dalam pendidikan Korea Selatan adalah ujian masuk universitas. Mereka bahkan rela melumpuhkan aktivitas demi kelancaran ujian tersebut.

Menurut Chong Yong Pyong, direktur KCC (Korean Cultural Centre), ujian masuk perguruan tinggi adalah sebuah hal istimewa yang mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Sejumlah aturan diubah, termasuk memundurkan jam kerja hingga jadwal pesawat.

"Ujian masuk universitas adalah hal yang istimewa dilihat di Korea. Karena, masa depan murid-murid bergantung pada ujian tersebut. Jadi parlemen pemerintahan Korea turun tangan untuk membangun kenyamanan murid," ungkapnya.

"Pertama, pemerintah memundurkan jam kerja, mengelola dengan ketat lalu lintas di dekat tempat ujian, juga mengontrol waktu pendaratan pesawat supaya tidak mengganggu ujian. Latihan militer juga dihentikan secara sementara," lanjut Chong.



Pihak kepolisian pun kadang ikut turun tangan. Begitu juga dengan pengemudi taksi yang dengan sukarela memprioritaskan murid sebagai penumpang agar bisa tiba di lokasi ujian tepat waktu.

"Pada hari ujian universitas, sering bisa dilihat polisi mengantarkan anak-anak ke tempat ujian. Hal ini dilakukan agar mereka tidak terlambat datang ke lokasi," pungkasnya.

Obsesi Korea Selatan terhadap pendidikan ternyata bisa dibuktikan dengan kemajuan negaranya. Pendidikan diutamakan karena dipercaya sebagai 'alat' untuk membangun masa depan Korea Selatan yang lebih baik.



Simak Video "Menanti Akting Jisoo BLACKPINK di Drama Garapan Penulis 'SKY CASTLE'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/mau)