detikHot

Laporan dari Korea

Tak Perlu Debut, Bisa Punya Album ala Bintang KPop di SMTOWN COEX Artium

Selasa, 19 Jan 2016 16:12 WIB Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Foto: Atmi Ahsani Yusron (detikHOT). Foto: Atmi Ahsani Yusron (detikHOT).
Seoul - Keseruan SMTOWN COEX Artium tidak hanya mentok di lantai 2 saja. Meniti eskalator ke lantai 3 ternyata ada hal yang lebih menarik lagi: SMTOWN Studio! Ada apa di sana?

Buat yang ingin debut jadi artis KPop beneran di bawah manajemen SM Entertainment, agensi Lee Soo Man itu menggelar audisi setiap pekannya di gedung mereka di kawasan Cheongdamdong dan Gangnam. Ada juga program bernama SM Global Audition untuk para peserta yang berasal dari luar Korea. Tentu saja untuk jadi trainee di manajemen ini tidak mudah. Selain benar-benar berbakat (dan benar-benar cantik/ganteng) juga harus punya sisi unik yang bikin para juri tertarik. Proses panjang pun masih harus dilalui lewat bertahun-tahun jadi trainee.

Di SMTOWN Studio yang ada di SMTOWN COEX Artium, Gangnam, Seoul, proses itu bisa dipersingkat jadi hanya beberapa jam saja. Di lokasi ini, kita bisa merasakan sensasi jadi bintang KPop di bawah manajemen SM Entertainment tanpa perlu ikut audisi dan menunggu debut dengan proses latihan yang berat.

SMTOWN Studio menyediakan berbagai paket yang bisa dibeli demi berpura-pura jadi artis SM Entertainment. Mulai dari paket tur studio, paket rekaman, pake latihan dance, sampai paket pemotretan. Di dalam SMTOWN Studio ada banyak ruangan-ruangan khusus yang terbuka untuk fans dengan ongkos yang berbeda-beda mulai dari Rp 399 ribu sampai Rp 7 juta.

Baca Juga: Tak Berhenti Senyum di Dalam SMTOWN COEX Artium Seoul



Dengan membayar Rp 1,1 juta sampai dengan Rp 2,7 juta, kita bisa merasakan latihan di ruangan berstandar manajemen KPop di Korea Selatan. Ditambah lagi dilatih oleh koreografer profesional dari manajemen SM Entertainment. Durasi latihan bertahun-tahun para trainee dipersingkat jadi satu jam di ruangan ini.

Setelah jago nge-dance, waktunya take vokal. SMTOWN Studio juga menyediakan beberapa ruang rekaman buat fans atau pengunjung yang ingin mendapat pengalaman bernyanyi di dalam studio yang setara dengan yang digunakan oleh EXO ketika rekaman 'Miracles In December' ataupun 'Sing For You'. Cuma bayar Rp 2 jutaan saja kita sudah bisa merekam suara dan membawa pulang hasil rekamannya. Bentuknya pun tidak sekedar kepingan CD, tapi seperti album KPop yang sesungguhnya.



Nah, kalau mau albumnya terlihat lebih nyata, bisa juga sekalian melakukan make over dan sesi pemotretan di sini. Sebuah ruangan make over terletak tak jauh dari resepsionis SMTOWN Studio. Ketika detikHOT berkunjung ke SMTOWN COEX Artium awal Desember tahun lalu, sempat ada salah satu fans sedang di make over bergaya 'Dumb Dumb' Red Velvet. Kitapun bisa memilih sendiri mau bergaya apa, SNSD? Super Junior? TVXQ? Semua bisa!

Ongkos make over yang dipatok sekitar Rp 2,7 juta sampai ongkos pemotretan yang harganya berkisar Rp 7 juta, kita pun bisa punya oleh-oleh berbentuk CD dan photobook seperti yang ada di dalam lembaran album SNSD ataupun juga EXO. Seperti salah satu contoh yang dipajang di bagian depan studio ini misalnya. Kita bisa meniru gaya-gaya EXO di album 'Growl' seperti yang dilakukan Hansol 'SM ROOKIES' dan membawa pulang hasilnya sebagai koleksi pribadi.



Asyik, kan?


(ron/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com