detikHot

Laporan dari Korea

Tak Berhenti Senyum di Dalam SMTOWN COEX Artium Seoul

Selasa, 19 Jan 2016 15:12 WIB Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Foto: Atmi Ahsani Yusron (detikHOT). Foto: Atmi Ahsani Yusron (detikHOT).
Seoul - SM Entertainment adalah satu dari tiga manajemen yang masuk ke dalam jajaran Big Three perusahaan pencetak idola KPop di Korea Selatan selain YG dan JYP. Sadar betul bahwa artis-artisnya punya basis penggemar yang besar, kuat dan loyal, mereka pun menciptakan SMTOWN COEX Artium. Apa sih itu?

Berada di pusat kota Seoul, persisnya di kawasan Gangnam yang terkenal sebagai lokasi wisata operasi plastik itu, SMTOWN COEX Artium adalah surga buat para penggemar artis-artis SMTOWN. Berdiri berdampingan dengan COEX Mall, salah satu mall bawah tanah di Seoul, bangunan SMTOWN COEX Artium terlihat mencolok dari luar.

Ketika detikHOT berkunjung ke sana awal Desember 2015 lalu, selain disambut angin dingin, gedung dengan motif ornamen hitam-putih setinggi enam lantai juga mengucapkan selamat datang dari kejauhan. Ornamen hitam-putih itu memang sepele kalau dilihat sekilas. Tetapi jika diperhatikan, maka kita bisa melihat nama-nama artis SM Entertainment terselip di sana.

Mulai dari yang paling senior yakni BoA, TVXQ, Super Junior, SNSD, SHINee, f(x), EXO hingga Red Velvet terpampang namanya di dinding SMTOWN COEX Artium. Ditambah lagi sebuah poster promosi untuk album '4 WALLS' milik f(x) yang baru dirilis saat itu jadi hiasan di bagian atas gedung. Poster ini akan berganti-ganti tergantung artis mana yang sedang menjalani masa promosi.



Dari stasiun subway Samseong hanya tinggal berjalan lurus untuk menemukan pintu masuk ke SMTOWN COEX Artium. Terletak di sisi lain dari lokasi kedatangan, pintu masuknya dibingkai juga oleh ornamen hitam-putih yang sama. Ditambah tulisan SMTOWN yang besar da bercahaya di bagian atasnya. Ada beberapa fangirl remaja yang berusia 15 tahunan sedang berdiri di depan pintu ketika detikHOT tiba di sana. Memasuki lokasinya makin bikin penasaran karena wajah mereka terlihat sumringah sambil membawa kantong belajaan.

Baru masuk ke pintu di lantai satu, detikHOT langsung dibuat senyum-senyum sendiri di Welcome Zone. Video teaser EXO 'Love Me Right' sedang diputar di enam televisi layar datar yang disusun vertikal di dinding. Persis di sebelah kanan, ada eskalator yang akan membawa kita ke lantai dua. Sepanjang eskalator itu, wajah-wajah familiar langsung tampak tersenyum di layar besar yang terpasang di dinding menuju lantai dua.



Tidak ada dinding yang dibiarkan kosong di lantai ini. Setiap sudut pasti ada wajah BoA, TVXQ, Super Junior, SNSD, SHINee, f(x), EXO atau Red Velvet. Sehingga saat berkunjung kita tidak sempat untuk bertemu salah satu dari mereka, kita masih bisa berfoto dengan gambar-gambar yang ada di dinding. Menarik juga buat dipamerkan di Instagram. Dinding di lantai dua yang menuju SUM Store penuh dengan wajah-wajah para artis SM dalam warna hitam-putih.

Bertolak ke SUM Store, lagu yang terdengar familiar pun diputar di sana. 'Party'-nya SNSD. Ada sebuah proyektor yang menembakkan video klip lagu tersebut ke salah satu dinding yang letaknya persis di ujung pintu masuk. Sementara di bagian depan dipajang kotak-kotak Pepero raksasa bersama standee Suho.



SUM Store adalah toko yang isinya berbagai merchandise resmi dari SMTOWN. Tidak cuma ada CD, DVD atau lightstick saja, tetapi berbagai jenis souvenir berwajah Yoona, Onew, Siwon, Baekhyun, Krystal, Yunho ataupun Irene ada di sini. Mulai dari sticker yang dijual seharga KRW 1000, bantal kecil segi empat sebesar bantal kursi dengan harga puluhan ribu Won, sampai replika baju yang digunakan oleh EXO saat promosi 'Love Me Right' pun ada. Pastikan untuk membawa banyak uang ketika berkunjung di sini karena barang-barangnya bikin ngiler! Tapi kalaupun mau window shopping saja juga tidak ada salahnya.



Bagian depan dari SUM Store berisi benda-benda EXO yang sedang laris manis saat itu: paper toy. Satu rak di sebelah kanan berisi berbagai ukuran dari paper toy tersebut. Juga beberapa merchandise lain bergambar karakter member EXO versi kartun. Tak jauh dari sana tersusun rapi CD-CD artis SM mulai dari yang terbaru sampai yang paling jadul. Bahkan album 'No. 1' milik BoA masih bisa dibeli di sana walaupun album ini diluncurkan sejak 2002 lalu. Sederet totebag eksklusif pun bisa jadi pilihan. Tapi, jangan ambil yang ada tanda tangan artisnya, karena sepertinya itu hanya jadi pajangan dan tidak dijual.




SUM Store tak ubahnya toko souvenir yang ada di Universal Studios atau bahkan Dunia Fantasi di Ancol. Barang-barang bertuliskan brand artis-artis SM yang resmi hampir lengkap dijual di sini. Seperti topi hingga gelang yang digunakan Red Velvet saat promosi 'Dumb Dumb' hingga aneka piercing yang melekat di telinga dan hidung Taemin di 'Danger'. Peralatan sekolah dengan wajah oppa dan eonni pun lengkap! Seolah tak ada yang tidak bisa dijadikan sumber pemasukan oleh SM Entertainment di tempat ini.



Lalu, ada apa di lantai 3 SMTOWN COEX Artium? Simak artikel selanjutnya di detikHOT!


(ron/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com