detikHot

Main Stage

BTOB Bocorkan Rahasia Kekompakan dan Julukan Healing KPop Group

Selasa, 29 Des 2015 12:56 WIB Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Foto: Atmi Ahsani Yusron/detikHOT Foto: Atmi Ahsani Yusron/detikHOT
Jakarta - Dari tipikal boyband KPop, BTOB kini punya identitas baru: healing KPop group. Julukan buat grup KPop yang punya misi "mengobati hati yang terluka" lewat lagu-lagu mereka.

'Its Okay' dan 'Way Back Home' adalah perilisan BTOB yang membuat mereka menerima julukan baru ini. Lewat lirik yang dalam dan ngena di hati pendengar, mereka mencoba untuk lebih related dengan masalah-masalah yang dihadapi oleh para pendengarnya.

Berbagai konsep memang pernah diusung BTOB sejak debut mereka. Namun sepertinya konsep healing ini adalah yang paling sukses. Buktinya, piala pertama di acara musik TV berhasil mereka dapatkan berkat 'Way Back Home'.

Mengenai perubahan konsep dari tipikal boyband KPop (yang biasanya tampil dengan dandanan seram atau dengan konsep agak seksi misalnya), BTOB menyebutnya sebagai sebuah proses.

"Nggak ada perubahan yang mendadak karena proses produksi albumnya sendiri cukup panjang," kata Ilhoon menjelaskan saat wawancara dengan detikHOT di ballroom hotel Mikie Holiday Resort, Berastagi, Sumatera Utara pada Sabtu (26/12/2015). Mereka mengunjungi Berastagi untuk event 'Sparkling Christmas with BTOB 2015' di Hari Natal pekan lalu.

Lihat Foto: Serunya Rayakan Natal dengan BTOB di Berastagi!



'Its Okay' sendiri merupakan lagu andalan dari album 'COMPLETE' yang adalah album full perdana BTOB setelah serangkaian album mini yang dirilis sejak 2012. Ketika mendengarkan lagu ini sebelum direkam, baik Eunkwang, Hyunsik, Sungjae, Peniel, Minhyuk, Ilhoon hingga Changsub langsung merasa bahwa ini adalah lagu yang pas buat comeback mereka pasca 'MOVE'.

"Kami semua suka banget. Lagu ini sangat indah dan terdengar seperti karya seni yang luar biasa. Sejak awal BTOB memang sangat ingin menampilkan sesuatu yang dari segi musik terdengar memukau, kami rasa lagu ini sangat bisa mewakili keinginan itu. Kami senang kalau lagu ini bisa bergema selalu di hati pendengar karena liriknya menyentuh kami, dan semoga juga menyentuh pendengar," lanjut Ilhoon.

Tiga tahun bukanlah waktu yang singkat untuk mencapai kemenangan pertama di acara musik TV. Tapi BTOB bertahan dan tetap kompak, menjalankan kegiatan mereka sebagai grup dengan rutin merilis album setiap tahunnya demi fans yang akrab disapa Melody, juga melakukan berbagai kegiatan individual mulai menyanyi featuring dengan artis lain sampai akting di drama.

Tentu semua itu tidak lepas dari usaha Eunkwang sebagai seorang leader untuk menjaga kekompakan grup asuhan Cube Entertainment itu. Namun dengan rendah hati dalam sesi wawancara santai penuh tawa dengan detikHOT Sabtu lalu, Eunkwang menyebut bahwa semua bekerja keras buat kekompakan grup ini.

Baca Juga: 'Its Okay', Perjuangan Tiga Tahun yang Berbuah Manis untuk BTOB



"Aku lebih suka jika kata 'leader' diartikan bukan hanya sebagai yang memimpin grup ini, tapi juga orang bisa nyambung dan punya kedekatan emosi dengan semuanya. Member BTOB sangat baik dan ramah. Kalau mau dibilang, kunci kekompakan kami mungkin adalah cinta. Karena pada akhirnya cinta menyelesaikan semua masalah. Kami mencintai satu sama lain sehingga bisa selalu bersama," kata sang leader kelahiran 22 November 1990 itu.

Sungjae menambahkan bahwa atmosfer kebersamaan di BTOB selalu ceria. "Kami sering tertawa bareng," kata pemeran 'School 2015' itu. Menurut Sungjae tertawa bersama member membuat grup ini dipenuhi dengan energi positif.

"Masing-masing member memberikan energi positif satu sama lain," lanjut Sungjae.

"All hail positive vibe!" timpal Peniel yang duduk di lengan sofa, persis di tengah-tengah personel BTOB.

Di tengah persaingan yang sengit di kancah KPop, BTOB tetap bisa bertahan dan merilis album secara rutin setiap tahunnya. Tidak pernah terlalu lama vakum dan selalu punya cara untuk mendekatkan diri dengan fans. Faktor keramahan yang keterlaluan ini sepertinya memang kunci utama kenapa grup pelantun 'Way Back Home' itu bisa tetap langgeng dengan fans. Tampak dari bagaimana mereka memperlakukan penggemar saat "membuntuti" mereka selama tinggal di Berastagi saat liburan Natal kemarin.

Lalu apa rencana BTOB selanjutnya? Simak artikel lain di Main Stage detikHOT KPop hari ini!



(ron/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed