Awalnya Doyan Joget, Jirayut Seriusi Dangdut hingga Rela Ubah Nama

ADVERTISEMENT

Main Stage

Awalnya Doyan Joget, Jirayut Seriusi Dangdut hingga Rela Ubah Nama

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Jumat, 02 Des 2022 13:42 WIB
Jakarta -

Dunia musik Indonesia begitu ramai dengan talenta hebat. Bahkan musisi yang ada di industri ini bukan cuma datang dari dalam negeri.

Mereka yang merasa memiliki kemampuan dari negara tetangga kemudian mencoba peruntungan untuk berkarier di Indonesia. Salah satu talent itu adalah Jirayut yang kini namanya mulai naik daun.

Awalnya, Jirayut menjalani audisi di Thailand. Enam orang yang lolos, termasuk dirinya, kemudian dikirim untuk pencarian bakat penyanyi dangdut di Indonesia.

"Sebelumnya nggak tahu (dangdut). Aku dikirim perwakilan sekolah gitu buat nyanyi-nyanyi di Thailand. Setiap tahun aku selalu mewakili," ujar Jirayut saat berbincang bersama detikcom di Main Stage.

Saat ini, Jirayut memang sudah fasih berbahasa Indonesia. Padahal sebelumnya, tidak banyak yang ia tahu mengenai negara ini. Lagu dangdut pun cuma tahu Bang Jali dan beberapa lainnya.

"Lagu itu lagi heboh waktu itu. Tapi aku mulai tahu dangdut ya dari situ. Aku bahkan nggak tahu siapa penyanyi dari Indonesia," paparnya.

Bermodal menguasai tiga lagu dangdut, Jirayut mengikuti kompetisi di Indonesia. Tidak pernah terpikir olehnya bisa melaju terus di ajang tersebut.

"Ya aku nggak tahu kalau nantinya bakalan lolos gitu. Akhirnya dikasih lagu lagi untuk dibawakan, tapi aku susah banget hafal, susah masuk kepalaku," katanya.

"Aku dulu sempat mau pulang," lanjut Jirayut.

Semakin terkenal, pria pemilik nama asli Afisan Jehderamae itu kemudian terpikir untuk mengubah namanya. Nama tersebut dinilai terlalu sulit.

Akhirnya, ia berpikir untuk mengubah namanya yang terinspirasi juga dari nama salah satu artis di Thailand. Kini, jadilah publik mengenalnya dengan nama Jirayut Afisan.

(dar/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT