detikHot

Main Stage

Nggak Bisa Baca Partitur, Ardhito Pramono Pilih Kuliah Film

Kamis, 26 Mar 2020 14:24 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Ardhito Pramono saat berkunjung ke kantor detikcom. Ardhito Pramono Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Sebagai pendatang baru di industri musik, Ardhito Pramono kini terbilang tengah naik daun. Pelantun 'Fine Today' itu merintis karier bermusiknya sejak 2016.

Akan tetapi, sebelum pria berkacamata itu menggeluti musik sebagai profesinya, rupanya dirinya pernah mengenyam pendidikan di bidang yang berbeda dengan apa yang digelutinya kini.

Dirinya pernah berkuliah di jurusan perfilman di Australia. Dalam wawancara dengan detikHOT, yang mengaku sebagai penggemar sutradara Wong Kar-wai itu menceritakan mengapa pada akhirnya ia mengambil jurusan tersebut dalam pendidikan tingginya.

"Sebenarnya alesannya dulu gue sempat ingin masuk musik, ternyata gue nggak bisa baca partitur dan gue nggak punya kapabilitas untuk masuk kuliah ke bidang musik, jadi gue ambil film," ungkapnya pada detikHOT.


Meski tidak jadi mengambil jurusan musik, ketika berkuliah di perfilman, Ardhito justru menyadari bahwa musik dan film adalah dua hal yang tidak jauh berbeda.

"Mulai terbuka tuh, ternyata film sm musik tuh satu hal yang nggak bisa dilepasin. Jadi ya sudah gue ambil film, tapi gue menjadikan beberapa creative ideas gue, gue pakai buat bikin musik juga," ujarnya lagi.


Kini Ardhito justru merasa sangat bisa mengaplikasikan ilmunya di perfilman dalam proses penciptaan lagu. "Kepake banget, misalnya dari script writing itu bisa jadi sebuah lagu, producing film itu lo hampir sama kaya producing sebuah lagu," ucapnya.

Kalian sedang di rumah saja? Jangan khawatir, kegiatan kalian di rumah minggu ini bakal seru dengan ditemani oleh Ardhito Pramono. Jangan lupa tonton videonya, baca artikelnya dan dengerin podcast-nya hanya di detikHOT!




Simak Video "Ardhito Pramono hingga T-SQUARE Buka BNI Java Jazz Festival 2020 Day 2"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com