detikHot

Main Stage Pilihan 2019

Ketika Ifan 'Seventeen' Mencoba Pulih Lewat Musik

Rabu, 11 Des 2019 17:01 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Ifan Seventeen Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Ifan 'Seventeen' Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Akhir tahun 2018 menjadi masa yang kelam bagi Ifan. Di saat dirinya dan rekan satu band-nya, Seventeen, tengah tampil dan menghibur para penggemar di daerah pesisir Banten, tsunami menghantam mereka.

Ifan menjadi satu-satunya yang selamat di antara para personel band lainnya. Tidak hanya kawan sejawatnya dalam band, sang istri, Dylan Sahara, turut menjadi korban dari bencana alam tersebut.

Hal tersebut membuat Ifan merasa terpukul. Ia sempat mengaku tidak ingin lagu kembali bermusik dan menghindari segala hal yang berhubungan dengan musik.

Akan tetapi rupanya hal tersebut justru tidak memulihkannya dari kesedihan. Akhirnya, ia justru merasa lega ketika dirinya bisa bercerita lewat musik.

Menandai kembalinya ke musik, Ifan merilis 'Masih Harus di Sini'. Lagu itu diciptakan David 'NOAH' dan ditulis terinspirasi dari kisah pilu yang dialami Ifan.




Saat kembali ke industri musik, Ifan mengunjungi kantor detikHOT untuk tampil di Main Stage. Ia pun bercerita mengenai titik balik akhirnya ia mau kembali ke musik sekaligus bagaimana ia mencoba memulihkan dirinya dalam satu tahun belakangan.

Salah satu titik balik yang membuatnya mau kembali ke musik ia alami saat menjalankan ibadah umrah bersama Virgoun. Di Makkah, ia berbincang dengan Virgoun.

"Ketemu Virgoun di Mekkah, dia bilang, 'Lo nggak boleh pergi dari musik, lo nggak bisa menghindari semuanya'," kisahnya.

Mencoba bangkit perlahan, Ifan mengatakan hal itu bukan proses yang mudah untuknya.


[Gambas:Video 20detik]



Dalam kesempatan itu, Ifan bercerita dirinya pernah pingsan di panggung saat sejumlah penggemar membuat tribute untuk Seventeen.

Ia juga sempat berkeliling kota karena merasa rumahnya menjadi begitu asing, tidak hanya itu, hingga kini, ia masih merasa merinding ketika berada di daerah pantai.

Pelan-pelan, akhirnya ia mengunjungi psikolog untuk memastikan dirinya baik-baik saja. "Menurut psikolog itu normal. Jadi gue itu bukan cuma terserang psikis aja, tapi fisik juga," katanya.

Upayanya untuk pulih pun akhirnya menemui titik terang. Bersama David, ia merasa lagu 'Masih Harus di Sini' bisa mewakili perasaannya.


Simak Video "Jalankan Wasiat, Ifan 'Seventeen' akan Rilis Film Dokumenter"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com