detikHot

Main Stage Pilihan 2019

Pusakata, Keluar dari Payung Teduh untuk Lembaran Baru

Rabu, 11 Des 2019 15:33 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Pusakata Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Setelah keluar dari Payung Teduh, Mohammad Istiqamah Djamad atau Is memilih bersolo karier. Ia kemudian dikenal dengan nama Pusakata.

Saat merilis single 'Jalan Pulang' dan album 'Dua Buku', Is berkunjung ke kantor detikHOT untuk bercerita mengenai single dan albumnya tersebut. Momen itu sukses menjadi Main Stage Pilihan 2019.

Ia menerangkan bahwa 'Jalan Pulang' mengisahkan perjalanan batinnya saat memutuskan untuk pindah ke Makassar.

"Butuh setahun untuk nyadar gue bisa pulang dan ternyata gue memang lagi jalan pulang. Ya ini yang lagi gue ceritain. Gue cabut (dari band) terus gue pulang ke Makassar, itu indah banget," ujarnya.




Sedangkan album 'Dua Buku' menggambarkan bagaimana dirinya ingin membuka lembaran baru sebagai penyanyi solo.

"Gue merasakan punya momen spesial bersama karya-karya yang lahir ini. Gue punya momen untuk berefleksi diri (bersama lagu), gue permak lagi, gue bikin lagi. Kayanya ini proses yang sangat sehat sih," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Is juga mengisahkan bagaimana kepindahannya ke Makassar mengubah warna musik sekaligus proses penulisan lagunya.

Menurutnya, dengan pindah ke Makassar, ia jadi melihat hal-hal yang sebelumnya ia lewatkan atau yang belum pernah ia lihat.

Di situ ia merasa Makassar memberinya begitu banyak inspirasi untuk berkarya.


[Gambas:Video 20detik]



"Ternyata pas gue main sama nelayan, gue main sama tukang becak, gue nanyain siapa pas lagi jalan di Makassar, gue menyadari, banyak banget yang nggak sempet gue lihat karena sibuk manggung," katanya.

"Sementara seharusnya fragmen-fragmen itu yang gue dokumentasikan dan gue bukukan lewat karya-karya gue kalau gue mau survive," tambahnya.

Baginya, membagi cerita kepada pendengar adalah hal yang penting dan membuat sebuah lagu menjadi menarik.

"Orang akan didengarkan ketika dia bercerita, ketika lo sudah tidak bisa bercerita, siapa yang mau dengerin lo. Ketika cerita lo berulang, ngapain gue dengerin lo," jelasnya.


Simak Video "#JagaJarakDulu Bersama Lantunan Musik dari Mocca"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com