detikHot

Main Stage

Cerita Soulvibe Kawinkan New Jack Swing dengan 'Gombal'

Rabu, 16 Okt 2019 16:34 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Soulvibe Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Soulvibe Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - New jack swing merupakan genre turunan dari R&B. Jenis musik itu terkenal di era 1980-an hingga pertengahan 1990-an. Soulvibe mengadaptasi genre tersebut ke dalam lagu barunya yang berjudul 'Gombal'.

Trio beranggotakan Bayu Adi (vokal), Ramadhan Handy (bass), dan Caesar Rizal (drum) itu awalnya tak berniat untuk benar-benar memasukan nuansa musik tersebut dalam lagunya.

SoulvibeSoulvibe Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Ketika Bayu menulis lagu tersebut, ia merekamnya hanya dengan bernyanyi dan diiringi petikan gitar. Namun ketika ketiganya mengerjakan aransemennya, jadilah musik seperti yang mereka perdengarkan kini.

"Waktu Bayu kirimin (lagu) itu, Bayu nyanyi, gitaran banget ya. Tapi ketika dibawa ke meja aransemen, kami kan sebebas-bebasnya buat mengeksekusi lagu itu, kebetulan waktu itu kok sound yang kami pilih, sound yang kami cari, let's say dari suara pianonya, dari suara bassline-nya kok ngarahnya new jack swing nih," cerita Caesar pada detikHOT.




Mulai mengarah ke jenis musik tersebut, akhirnya para personel Soulvibe melanjutkan prosesnya hingga menjadi lagu yang utuh. "Kami berprinsip, kalau memang sudah ada yang nggak sengaja ngarah ke mana, ya sudah jabanin," kata Caesar.

Soulvibe menuturkan, biasanya ide-ide mengenai musik dari sebuah lagu muncul di tengah-tengah proses kreatif. Ide tersebut muncul secara alami ketika ketiganya tengah menggarap lagu itu bersama-sama.

"Kami biasanya nge-jam yang akhirnya memperlihatkan, kami mau ke arah mana. Dari nge-jam itu ada sisi yang enaknya begini, maksudnya sisi naturalnya, itu yang kami gali," sebut Bayu.


[Gambas:Video 20detik]




Simak Video "Lagi Jatuh Cinta? Single Soulvibe Bisa Buat Nembak si Doi"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com