DetikHot

Main Stage

Makassar Bawa Pengaruh Besar Bagi Penulisan Lagu Pusakata

Rabu, 15 Mei 2019 18:03 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Makassar Bawa Pengaruh Besar Bagi Penulisan Lagu Pusakata Pusakata. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Mohammad Istiqamah Djamad atau Pusakata kini bermukim di Makassar. Menurutnya, perpindahan dirinya tinggal di kota tersebut membawa pengaruh besar pada proses penulisan lagu.

Saat ini, pria yang akrab disapa Is ini memiliki lebih banyak inspirasi dalam menulis lagu. Sebab dirinya kini punya lebih banyak waktu untuk mengamati sekitar dan bercakap dengan lebih banyak orang.

"Ternyata pas gue main sama nelayan, gue main sama tukang becak, gue nanyain siapa pas lagi jalan di Makassar, gue menyadari, banyak banget yang nggak sempet gue lihat karena sibuk manggung," bukanya kepada detikHOT.

"Sementara seharusnya fragmen-fragmen itu yang gue dokumentasikan dan gue bukukan lewat karya-karya gue kalau gue mau survive," tambahnya.



Sedangkan baginya, membagi cerita kepada pendengar adalah hal yang penting dan membuat sebuah lagu menjadi menarik.

"Orang akan didengarkan ketika dia bercerita, ketika lo sudah tidak bisa bercerita, siapa yang mau dengerin lo. Ketika cerita lo berulang, ngapain gue dengerin lo," jelasnya.

Pusakata belum lama ini merilis single 'Jalan Pulang'. Lagu tersebut bakal menjadi salah satu materi dalam album barunya yang berjudul 'Dua Buku'.

[Gambas:Video 20detik]


(srs/nkn)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed