DetikHot

main-stage

Iwan Fals Ikut Mengamati Perkembangan Musik Saat Ini

Rabu, 05 Des 2018 15:55 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Iwan Fals Ikut Mengamati Perkembangan Musik Saat Ini Iwan Fals Foto: Dicky Ardian
Jakarta - Regenarasi adalah hal yang penting. Agar tetap langgeng, perlu adanya penerus dari segala hal, tak terkecuali industri musik.

Sebagai musisi senior yang masih terus berkarya di dalamnya, Iwan Fals mengaku masih terus mengamati talenta-talenta baru yang ada di industri musik.

Menurutnya, dunia musik tidak pernah kehabisan penerus karena setiap harinya selalu muncul talenta-talenta baru.

Iwan FalsIwan Fals Foto: Dicky Ardian
Ia pun mengaku cukup mengamati perkembangan musik Tanah Air saat ini.

"Saya sempat melakukan perjalanan dari Bali sampai ke Aceh, kalau di jalan kan saya selalu mendengarkan lagu. Itu banyak ya lagu-lagu bagus. Lagu-lagu indie tuh bagus-bagus ya," ujarnya saat ditemui detikHOT di kediamannya yang bertempat di Depok, Jawa Barat.


[Gambas:Video 20detik]



Iwan Fals melihat saat ini musisi lebih jujur dalam berkarya dan berekspresi. Ia pun bercerita ia pernah ada di masa dimana musik nyaris semuanya seragam.

Akan tetapi saat ini persoalan tersebut tak lagi ditemui. Baginya jenis musik yang ada kini lebih beragam.

"Memang pada masanya banyak ada kesamaan, ada masanya juga, jaman-jaman MTV dulu, musik tuh seragam ya. Tapi lama-lama orang cari dirinya ya, 'gue mau ke sini, ke sini'. Orang kan menemukan diri sendiri. Jadi banyak sekali (musisi muda)," ungkapnya.
Pelantun 'Bento' tersebut pun menyebutkan sejumlah nama dari musisi muda yang ia dengarkan kini. Mereka adalah Jason Ranti, Iksan Skuter, Barasuara, Payung Teduh, Navicula, dan Efek Rumah Kaca. Iwan Fals juga menyebut ada banyak nama lain yang ia dengarkan.

Ketika ditanyai musisi seperti apa yang menurutnya mampu membawa semangat zaman, Iwan Fals menjawab.

"Yang jujur, yang tahu siapa dirinya, yang tahu apa yang mau disuarakan, soal cinta, soal politik, persoalan apa saja, apa adanya. Karena kalau nggak apa adanya makan waktu, hidup cuma sebentar. Kehabisan waktu kita, yaudah ini gue, ini saya," jelasnya.
(srs/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed