DetikHot

main-stage

Mengintip Cara Iwan Fals Meramu Syair dan Melodi

Rabu, 05 Des 2018 13:38 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Mengintip Cara Iwan Fals Meramu Syair dan Melodi Iwan Fals. Foto: Dicky Ardian
Jakarta - Lewat tangan dinginnya, Iwan Fals telah menciptakan begitu banyak lagu yang sukses menjadi populer dan dicintai oleh penggemarnya.

Dalam sebuah wawancara dengan detikHOT di kediamannya yang bertempat di Depok, Jawa Barat, Iwan Fals menuturkan proses penggarapan lagunya.

Ia menyebutkan pada saat membuat lagu, ia biasanya bekerja dengan secarik kertas dan gitar. Inspirasinya bisa datang dari mana saja.

"Ada dari dalam, ada juga yang dari luar," bukanya.



"Dari dalam umpanya, apa yang saya alami. Baik dalam keadaan sadar seperti ini atau dalam keadaan tidur," katanya.

Yang dimaksud oleh Iwan Fals dalam keadaan tidur adalah inspirasi yang datang dari kisah yang ada dimimpinya. Bila mimpinya terasa menggugah, dirinya langsung membuat lagu dari cerita mimpi tersebut.

Sedangkan inspirasi yang datang dari luar dirinya adalah hal-hal yang berasal dari pengamatan, penglihatan, dan pembacaannya terhadap situasi sekitar.

Iwan Fals. Iwan Fals. Foto: Dicky Ardian


"Lagu ini nih, lagi ramai soal pilpres misalnya. Itu kan dari luar, saya lihat di media. Saya ada komunitas, wa (whatsapp), group (chat), mereka suka ngomong. Kadang-kadang itu jadi inspirasi," terangnya.

"Jadi banyak (inspirasi), ini aja kita lihat ada kursi, meja, bebunyuan, kita punya panca indera, rasa, itu kan bisa kita ceritakan. Pengalaman masa lalu dan harapan masa depan juga bisa jadi cerita," tuturnya.

Sedangkan mengenai mana yang datang lebih dulu antara syair dan melodi, Iwan Fals mengatakan dua hal tersebut datang secara bergantian.

Namun yang paling Iwan Fals sukai adalah ketika keduanya datang secara bersamaan.



"Tekniknya bisa syair dulu, terus setelah jadi syair bisa jadi musik. Atau bisa musik dulu, saya bikin, melodi dulu, terus masukin syair, atau dua-duanya," jelasnya.

Iwan Fals. Iwan Fals. Foto: Dicky Ardian


Ditanyai manakah yang lebih penting penting antara nada dan lirik, Iwan Fals menjawab bahwa keduanya sama penting. Dua hal tersebut menjadi elemen yang berperan besar dalam pembentukan lagu baginya.

"Kalau buat saya penting dua-duanya. Walaupun ada masa-masa saya cenderung ke syair. Tapi dunia nyanyi memang mengasyiikan," ungkapnya.

Iwan Fals akan menggelar e-concert pada 16 Desember 2018. Penampilannya dapat disaksikan pukul 20.00 WIB di Max Stream, UseeTV dan USeeTV Go dan Uzone.id.


(srs/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed