Main Stage

RAN Akui Bikin Soundtrack Lebih Mudah

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 02 Agu 2018 08:53 WIB
Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - RAN bercerita, dalam membuat lagu-lagu untuk film 'Kulari ke Pantai', mereka hanya menghabiskan waktu yang relatif singkat. Menurut para personelnya, mereka membuat lagu dari kisah yang dituturkan oleh Mira Lesmana.

"Waktu itu kami pas pertama ketemu mbak Mira Lesmana, kami diceritain di filmnya garis besarnya kurang lebih kaya apa. Yang kami berusaha tangkap adalah semangat dari filmnya. Mungkin nggak harus serta merta isi lagunya kaya apa, semangatnya yang berusaha kami tangkap," cerita Rayi saat bertandang ke kantor detikHOT, baru-baru ini.

Para personel RAN pun mengatakan proses penggarapan album tersebut hanya memakan waktu selama satu bulan. Sedangkan untuk membuat lagu tema 'Kulari ke Pantai' mereka menciptakannya dalam jangka waktu 3 hari.

Rayi, Asta, dan Nino sepakat bahwa menciptakan lagu untuk soundtrack lebih mudah ketimbang mereka harus mengarang lagu dari awal.

"Mungkin lebih mudah bikin soundtrack karena sudah ada ceritanya, gambarannya, mood-nya. Kalau bikin lagu dari awal kan harus membayangkan dulu, ceritanya seperti apa, mood story-nya seperti apa," kata Asta.

"Gampangnya karena kami sudah kebayang visualnya gimana, karena buat kami yang bikin lagu bersama-sama itu, biasanya susahnya di nyocokin theater of mind-nya, cuma kalau film kan udah jelas track-nya. Ceritanya seperti apa, pantainya juga seperti apa," tambah Nino.

RAN Akui Bikin Soundtrack Lebih MudahFoto: Asep Syaifullah


Ketiganya pun menyadari bahwa peranan soundtrack dalam sebuah film sangat penting. Bagi mereka, soundtrack dapat membangun suasana dalam sebuah film. Hal itu membuat para personel RAN semakin merasa senang.

"Sebenarnya kami bertiga suka banget nonton film dan kami merasa, soundtrack itu penting banget untuk sebuah film karena itu yang bikin emosinya lebih keluar. Soudtrack bisa membuat semakin hidup di filmnya. Jadi kamu sangat excited karena, wah kami bisa memberi warna untuk filmnya," urai Asta. (srs/dar)