Main Stage

Soundtrack 'Kulari ke Pantai', Cara RAN Angkat Lagi Lagu Anak

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 01 Agu 2018 13:16 WIB
Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Meski film 'Kulari ke Pantai' telah tayang bulan lalu, namun rupanya euforia film tersebut masih enggan untuk berakhir. Lewat lagu-lagu yang terdapat dalam album soundtrack-nya, para penggemar film garapan Mira Lesmana dan Riri Riza itu masih dapat mengenang adegan demi adegan yang terdapat di dalamnya.

RAN menjadi salah satu pengisi soundtrack dari film tersebut. Tak hanya mengisi, mereka juga terlibat jauh dalam pembuatan albumnya.

Di album tersebut, trio Rayi, Asta, Nino itu kebagian membawakan lagu tema 'Kulari ke Pantai', 'Gemilang' yang sebelumnya dipopularkan oleh Krakatau, 'Hijau dan Biru', hingga versi baru dari lagu 'Selamat Pagi' yang mereka bawakan bersama dengan dua pemeran utama di film itu, yakni Maisha Kanna dan Lil'li Latisha.

Soundtrack 'Kulari ke Pantai', Cara RAN Angkat Lagi Lagu Anak Foto: Asep Syaifullah


"Waktu itu kami, RAN, di-contact oleh mbak Mira Lesmana, kami diajak ketemuan untuk mengisi soundtrack. Tanpa pikir panjang, kami diminta oleh mbak Mira dan mas Riri, kami merasa terhormat banget dan langsung mengiyakan," cerita Rayi saat bertandang ke kantor detikHOT di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Sebelumnya, Mira Lesmana dan Riri Riza memang telah berhasil meramu begitu banyak film keluarga, di antaranya 'Petulangan Sherina' dan 'Laskar Pelangi'. Hal tersebut menjadi rekam jejak yang baik dan membuat RAN tak ragu menerima tawaran tersebut.

"Makanya pas kami ditawari Mira Lesmana, jadi sebuah motivasi yang besar untuk kami membuat sebuah karya yang bagus," kata Nino.

Yang membuat ketiganya semakin bersemangat dalam mengerjakan proyek tersebut adalah karena lagu-lagu itu ditujukan oleh semua usia, termasuk lagu anak. Mereka melihat, lagu anak saat ini semakin jarang.

Polemik semakin sedikitnya lagu anak memang telah sejak lama menjadi kegelisahan banyak orang. Hal itu yang mendorong RAN tergerak untuk menciptakan lagu anak lewat soundtrack film tersebut.

Soundtrack 'Kulari ke Pantai', Cara RAN Angkat Lagi Lagu Anak Foto: Asep Syaifullah


"Kami sekarang menyadari bahwa lagu anak di Indonesia nggak sebanyak dulu. Banyak juga anak-anak yang akhirnya jadi nyanyinya lagu dengan konten-konten orang dewasa. Itu sangat disayangkan. Makanya kami senang banget ketika diajak ngerjain soundtrack ini," terang Asta.

"Sebenarnya lagu anak kalau dibilang ada, ya ada, tapi nggak terlalu banyak ya. Makanya salah satunya kami ingin berkontribusi lewat album soundtrack 'Kulari ke Pantai' ini. Supaya anak-anak Indonesia bisa kembali menyanyikan lagu anak-anak," tambah Rayi.


(srs/dar)