DetikHot

main-stage

Jalan Panjang The Cranberries Terhenti Sampai di Sini?

Rabu, 17 Jan 2018 12:29 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Jalan Panjang The Cranberries Terhenti Sampai di Sini? The Cranberries. Foto: Getty Images
Jakarta - Dolores O'Riordan berpulang di usia 46 tahun pada 15 Januari 2018. Ia ditemukan meninggal dunia di sebuah hotel di London, Inggris. Saat meninggal dunia, Dolores dikabarkan tengah menjalani proses rekaman.

Dunia mengenal Dolores O'Riordan sebagai vokalis band asal Irlandia bernama The Cranberries. Mereka adalah band yang ada di balik lagu-lagu 'Zombie', 'Linger', 'Animal Instinct', hingga 'Just My Imagination'.

Terbentuk di Kota Limerick pada 1989, The Cranberries awalnya bernama The Cranberry Saw Us.

Awalnya, band tersebut berformasi Niall Quinn (vokalis), Noel Hogan (gitaris), Mike Hogan (bassist), dan Fergal Lawler (drummer). Posisi vokalis Niall Quinn kemudian digantikan oleh Dolores O'Riordan yang masuk ke dalam band pada tahun 1990.

"Band-band di Limerick biasanya hanya membawakan lagu-lagu yang sudah terkenal, jadi ketika saya bertemu band yang bernama The Cranberry Saw Us, saya benar-benar terpesona, mereka ingin menulis lagu mereka sendiri," kenang Dolores O'Riodan semasa hidupnya dalam sebuah wawancara dengan Irish Times.

Dalam wawancara yang sama, gitaris Noel Hogan juga bercerita bagaimana perjalanan mereka membentuk band bersama, mengirimkan demo, dan pengalaman merekam lagu mereka bersama produser The Smiths.

"Kami mengumpulkan uang bersama untuk demo dan mengirimkannya kepada perusahaan rekaman. Ketika kami dikontrak kami bertanya apakah kami bisa bekerja sama dengan Stephen Street, karena dia adalah produser The Smiths dan kami semua menyukainya," cerita Noel Hogan.

"Di studio, saya berpikir, Ia pernah duduk bersama Johnny Marr dan kini ia duduk dengan saya. Saya mencoba berlaku biasa saja tapi saya tidak bisa berpura-pura dan mulai berbicara tentang The Smiths," kisahnya lagi.

Di tahun 1993, The Cranberries merilis debut albumnya, 'Everybody Else Is Doing It, So Why Can't We?'. Di dalamnya terdapat hits single 'Linger' dan 'Dreams'.

Singkat cerita The Cranberries menjadi salah satu band paling popular di Irlandia, bahkan di dunia. Lalu, akankah jalan panjang itu terhenti sampai di sini?
(srs/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed