DetikHot

main-stage

Dari Mana Asal-usul Musik Trisouls?

Rabu, 12 Jul 2017 15:58 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Dari Mana Asal-usul Musik Trisouls? Trisouls di Markas detikHOT Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Berada dalam sebuah trio, para personel Trisouls mengaku ingin mencoba berbagai warna baru pada musik mereka. Kendati demikian, mereka juga mengaku banyak mendengarkan lagu-lagu RnB, soul, dan pop.

"Kami sebenernya basically punya influence yang berbeda masing-masing. Cuma kami juga sering kalau nyanyi, yang kami bawakan RnB, pop, soul. Cuma emang kalau single pertama ini lebih yang pop, akustikan, easy listening gitu," kata salah seorang personel Trisouls, Jesse saat berkunjung ke kantor detikHOT di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan baru-baru ini.


Mereka pun kompak menolak jika ditempelkan pada satu jenis aliran saja. Pasalnya, sebagai pendatang baru mereka masih sangat terbuka akan hal-hal baru.

"Jadi kami mau bilang kalau musik Trisouls itu sebenernya, kami dengerin RnB tapi kami nggak mau dilabelin seperti itu. Kami juga mau nyoba banyak aliran musik gitu. Jadi nggak tertutup sama satu," tambah Jesse lagi.

[Gambas:Video 20detik]


Ada sejumlah grup vokal dan penyanyi yang cukup berpengaruh bagi Trisouls, sebut saja Boyz II Men, Brian McKnight, dan tentunya Kahitna.

Menurut ketiganya, Kahitna menjadi grup vokal yang begitu penting bagi mereka. Bahkan mereka pernah membawakan ulang lagu Kahitna secara medley di akun YouTube dan Soundcloud mereka.

"Karena kahitna musisi indonesia jadi kami mau start dengan musisi indonesia dulu. Terus dia jg legend kan, Kahitna itu legend di Indonesia," ungkap Yerry.

Sulit bagi ketiganya memilih mana lagu yang harus dipilih untuk dinyanyikan ulang. Oleh karena itu, akhirnya mereka memutuskaan untuk membawakannya secara medley.

Pembagian Vokal Sama Rata

Bila grup lain memiliki satu frontman sebagai pemimpin dan pentolan dari kolektif musik atau bernyanyi mereka. Berbeda dengan Trisouls yang justru ingin membagi perannya secara rata antar personel.

Memiliki tiga suara dengan ciri khas yang berbeda, para personel Trisouls pun membagi rata porsi bernyanyi sehingga tidak ada satu personel yang lebih dominan dibandingkan personel lainnya.

Trisouls di Markas detikHOT.Trisouls di Markas detikHOT. Foto: Rachman Haryanto
"Jadi kalau pembagian vokal kan emang kami udah punya karakter yang berbeda kan. Kalau Yerry lebih ke tenor, ya saya ambil atasnya, kalau jesse lebih ke bass jadi dia ambil yang range bawah. Kalau aku lebih ke bariton jadi tengah-tengah. kadang ambil atas, kadang ambil bawah," jelas Damien.

"Karena kami sebagai grup vokal yang kita nggak mau ada leadnya. Kami sebagai grup vokal yang emang kami bagi semuanya secara rata gitu," ujar Damien lagi.
(srs/dar)
Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed