Main Stage

Andra and The Backbone, Obsesi dan Kebebasan Andra Ramadhan

- detikHot
Rabu, 25 Sep 2013 10:26 WIB
Andra and The Backbone (Rachman/detikHOT)
Jakarta - "Ini obsesi pribadi untuk bikin solo album yang semau gue." tutur Andra membuka perbincangan dengan detikHOT soal asal-usul grupband Andra and The Backbone.

Kira-kira itulah kalimat pertama yang keluar dari mulut seorang gitaris gaek asal Surabaya, Andra Ramadhan saat ditanya oleh detikHOT alasan di balik lahirnya Andra and The Backbone. Ya, Andra Ramdhan adalah penggagas yang meprakarsai berdiri grup band Andra and The Backbone pada tahun 2007 silam.

Berawal dari keinginannya membuat album solo di tengah-tengah nama besar dirinya sebagai gitaris Dewa 19, akhirnya obsesi pribadi ini tercapai dengan mengandalkan dua orang lainnya, yaitu Dedi Lisan (vokal) dan Stevie Item (gitaris).

"Ini obsesi lama. Proyek ini baru kebentuk 2006, sedangkan keinginan itu sudah dari tahun 2001. Di sini gue bisa semau gue, kalau di Dewa kan banyak orang di situ. Aku rasa seriap musisi punya keinginan yang sama," buka Andra Ramadhan pada detikHOT siang itu di markas Andra and The Backbone, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2013).

Bicara lebih lanjut mengenai band yang baru saja merilis album kelimanya itu, ternyata awalnya Andra ingin menciptakan proyek solo yang hanya menyajikan musik instrumental. Mengapa tidak terjadi?

"Awalnya pingin bikin instrumental, ternyata susah untuk bikin lagu instrumental yang nggak asal bikin," kenang Andra.

"Akhinya ngerubah format, cari-cari vokalis. Tapi secara garis besar, tetap idealisme saya," sambung gitaris 41 tahun itu disambut padamnya listri untuk beberapa saat. Siang itu sempat mati listrik di Kawasan Pinang Kuningan, Pondok Indah, komplek yang didiami oleh Andra and The Backbone.

Selain, obsesi, kebebasan juga ditampakkan dengan jelas oleh Andra and The Backbone mengenai genre musik yang diusungnya. Bagi mereka, biarlah orang lain yang melabeli Andra and The Backbone seperti apa.

"Dari awal kita bebas ya, orang lain ngelihat kita sebagai band rock, tapi sebenarnya kita band pop ya, rock itu hanya aransemen. Band rock itu kayak Jamrud, Edane," cerita Stevie sambil menyebut contoh.

"Kita memang jualan, kita anak industri, bukan band yang idealis. Kenapa kita pilih pop, karena mainstream," tutup Dedi santai.

Dalam bermusik, Andra and The Backbone punya cara sendiri sendiri dalam mencari inspirasi. Seperti apa? Ikuti terus beritanya di Main Stage detikmusik hari ini!

(hap/mmu)